Peristiwa

Debit Air Sungai Meningkat, Banjir dan Longsor Serta Pohon Tumbang Terjadi di Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto, Jumat (7/2/2020). Akibatnya, sejumlah sungai mengalami peningkatan debit air, bencana banjir dan longsor serta pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, debit air Kali Kromong di Kecamatan Pacet dan Sungai Klorak di Kecamatan Gondang mengalami peningkatan. “Debit air Sungai Kromong menyebabkan 1 warung milik warga rusak,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, debit air di Sungai Klorak menyebabkan meluber. Meski belum signifikan tetapi dalam status Awas. Sementara longsor terjadi di Desa Claket, Cempoko Limo dan Made di Kecamatan Pacet. Air dari bukit di sekitar Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah meluber ke asrama putri.

“Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari yang menyebabkan jalan terganggu. Sejumlah bencana tersebut karena hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang terjadi seluruh wilayah di Kabupaten Mojokerto,” katanya.

Zaini menambahkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto langsung kaji cepat serta mengupayakan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga untuk mengevakuasi longsor yang menutup akses jalan Pacet-Trawas. Selain itu, TRC juga melakukan evakuasi pohon di Jalan Gajah Mada.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar