Peristiwa

Data KPM Dinas Sosial Kabupaten Sampang Bermasalah

Bansos untuk Warga Miskin

Sampang (beritajatim.com) – Data penerima bantuan yang dimiliki oleh Dinas sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang sejak tahun 2020 mengalami masalah sehingga berdampak terhadap ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak menerima sejumlah program bantuan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos setempat M. Fadeli mengakui, bahwa data yang bermasalah tersebut sebelum dirinya menjabat sebagai Plt Kepala Dinas. Tetapi, pihaknya berjanji untuk memperbaiki data KPM tersebut.

“Data yang bermasalah itu jumlahnya 217 ribu, dan kami akan terus menyisir data-data yang bermasalah untuk diperbaiki,” terangnya, Jumat (9/4/2021).

Ia menjelasakan, mayoritas data KPM bermasalah terkelompok Program Leluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan non tunai (BPNT) itu penyebab utamanya karana data kependudukan yang tidak diupdate dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ganda.

Sehingga perlu diperbaiki. Adapun data yang sudah diperbaiki berdasarkan dari jumlah 217 ribu data yang bermasalah itu kurang lebih 53 persen.

“Bantuan yang bermasalah itu karena data kependudukan yang tidak diupdate dan ini terjadi bukan hanya di Sampang saja,” tandasnya.[sar/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar