Peristiwa

Dari Bukit Wonocolo Bojonegoro, Hilal Belum Terlihat

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro melakukan Rukyatul Hilal di bukit Wonocolo, Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Dari hasil pemantauan yang dilakukan hari ini, hilal belum terlihat.

“Hilal tidak terlihat dari pantauan sore ini,” ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro Muhammad Syamsuri, Jumat (22/5/2020).

Rukyatul Hilal mulai dilakukan pukul 17.16 WIB hingga 17.25 WIB. Meski di tengah pandemi Covid-19, Kemenag Kabupaten Bojonegoro tetap melakukan kegiatan Rukyatul Hilal karena sebagai penentuan memasuki 1 Syawal 1441 Hijriah.

Belum terlihatnya hilal dengan mata telanjang yang dilakukan hari ini sehingga puasa Ramadan genap 30 hari dan Hari Raya Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada Minggu (24/5/2020).

Sementara diketahui, Pemkab Bojonegoro telah menerbitkan surat edaran agar umat Islam melakukan Salat Idul Fitri di rumah. Selain itu juga tidak melakukan takbir keliling dan bersilaturahmi dengan cara anjangsana.

“Silaturahmi bisa dilakukan dengan melalui teknologi yang ada saat ini, karena kondisinya sekarang berbeda,” ujar Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam kesempatannya. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar