Peristiwa

Dapur Umum Surabaya Bantu Warga yang Isoman

Dapur umum Surabaya milik Rex Wuinarno saat menyiapkan makanan.

Surabaya (beritajatim.com) – Di saat gelombang penularan Covid-19 yang semakin tinggi, kepedulian sesama warga tetap menyala. Seperti yang dilakukan salah satu warga Surabaya Barat Rex Wuinarno. Dia memberikan makan bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri melalui dapur umum Surabaya miliknya.

Program Dapur umum Surabaya sendiri sebenarnya sudah berjalan selama 3 tahun. Fokusnya kepada penyapu jalan, tukang sampah, intinya memberi makan untuk yang kurang mampu.

“Kita bantu yang kurang mampu di sekitar rumah, dengan adanya dapur umum ini kan mereka bisa save hingga 300rb, itu kan bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya, bayar kos misal,” kata Owner Dapur Umum Surabaya, Rex Wuinarno, Rabu (14/7/2021).

Baru ketika kasus Covid-19 di Surabaya tinggi dan dilaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, program pemberian paket makanan dialihkan untuk mensupport warga yang sedang isoman.

“Selama PPKM darurat, saya sama istri inisiatif alihkan ke warga yang isoman. Hingga saat ini dapur umum Surabaya sedikitnya mengirim 1200 paket makanan per hari,” ujarnya.

Selain makanan, Dapur Umum Surabaya juga memberikan pelayanan semprot disinfektan gratis ke rumah-rumah warga yang menjalani isolasi mandiri. Tetapi, sampai saat ini permintaan semprot disinfektan cukup tinggi, dia pun membatasi permintaan karena tenaga terbatas.

“Kita batasi maksimal per hari 10 rumah. Kita cuma punya 2 petugas kalau rekrut petugas fogging susah, berisiko. Kalau kita mah pasukan berani mati,” ceritanya dengan tertawa.

Dapur umum Surabaya juga mempekerjakan 22 kurir yang menjadi korban PHK selama PPKM darurat, mereka dipekerjakan dan digaji. “Kita juga membantu mereka yang terdampak dengan memperkerjakan mereka sebagai pengantar makanan,” katanya.

Karena tingginya antusias warga Surabaya dia mengaku kewalahan sampai harus menambah admin. Chat perhari diperkirakan ada 3ribu hingga 5ribu chat. “Dulu cuma ada satu admin mas, kita kewalahan. Sekarang kita tambah, sampai pernah diblokir karena spam chat,” katanya.

Rex mengatakan cara untuk mendapatkan pelayanan dapur umum Surabaya cukup mudah. Untuk wilayah Surabaya Selatan dan Barat bisa menghubungi nomor WhatsApp 082335529620 sedangkan untuk wilayah Surabaya Pusat, Utara dan Timur bisa menghubungi WhatsApp 082335529621.

Untuk pelayanan semprot disinfektan bisa melalui WhatsApp 082335529623 dan untuk admin Call Center dan Donasi bisa 082335529612.

“Nantinya kamu akan mendata, apabila sudah tercatat akan segera mendapatkan kiriman paket makanan dari Dapur umum Surabaya,” tandasnya. [rio/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar