Peristiwa

Dandim, Kapolres, dan Wabup Gresik Sidak ke Gereja

Anggota polisi saat melakukan sterilisasi di Gereja Santa Perawan Maria Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0817 bersama Kapolres AKBP Kusworo Wibowo dan Wabup Gresik Moh Qosim melakukan sidak ke sejumlah gereja sebelum perayaan natal.

Sidak pertama dilakukan di Gereja Santa Perawan Maria yang berada di Jalan Arief Rahman Hakim. Di gereja terbesar itu, sejumlah anggota Gegana Brimob Polda Jatim bersama anggota Polres Gresik memeriksa deretan kursi dengan alat metal detaktor serta alat pendeteksi bahan logam berbahaya (Mirror).

Selain deretan kursi jemaat, tempat altar serta tempat khotbah bagi pendeta tidak luput diperiksa dengan teliti.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, dalam pengamanan natal serta tahun tahun baru ini melibatkan 250 personil. Dalam pengamanan itu Polres Gresik bersama TNI dibantu Satpol PP, Dishub dan ormas.

“Ada 15 gereja dan 1 gereja katolik yang kami sterilisasi bergantian. Sterilisasi ini dimaksudkan agar gereja benar-benar steril tidak ada bahan logam berbahaya saat akan dipakai ibadah perayaan natal,” katanya, Selasa (24/12/2019).

Untuk sterilisasi lanjut Kusworo, dilakukan oleh anggota Gegana Brimob Polda Jatim serta Polres Gresik dengan melibatkan petugas keamanan gereja untuk memastikan kondisi gereja aman.

“Pengamanan semua gereja itu dilakukan sama. Sedangkan gereja Santa Maria Perawan termasuk gereja terbesar karena mampu menampung 1.000 jemaat,” ujarnya.

Setelah dilakukan sterilisasi dan dipastikan aman. Tiap-tiap gereja nantinya ditempatkan personil anggota Polri dan TNI serta ormas. Selain itu, ada juga patroli mobile ditambah pos pelayanan (Posyan) dan pos pengamanan (Pospam) yang sudah ditempatkan di sejumlah daerah.

Sementara itu, Wabup Gresik Moh.Qosim menyatakan dirinya menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan toleransi beragama saat perayaan natal. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu umat kristiani merayakan natal.

“Toleransi agama di Kabupaten Gresik sudah terjalin baik. Saya yakin TNI, Polri sudah maksimal saat mengamankan perayaan natal hingga tahun baru,” pungkasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar