Peristiwa

Dandim 0802 Ponorogo Bantu Warga yang Rumahnya Rusak Akibat Gempa

Anggota Kodim 0802 Ponorogo dan masyarakat melakukan kerja bakti di salah satu rumah warga yang roboh akibat gempa bumi. (Foto/Kodim 0802 Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Gempa bumi yang berpusat di pesisir selatan Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4) kemarin, juga dirasakan hingga wilayah Ponorogo. Bahkan di bumi reyog, ada satu rumah yang rusak akibat gempa bumi tersebut. Yakni rumah Hadi Purnomo yang berlokasi di jalan Gadong Melati RT. 02 RW. 01, Desa/Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Tembok sisi timur rumahnya roboh saat gempa terjadi.

Melihat ada warga yang rumahnya menjadi korban gempa, Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto turun langsung memimpin kerja bakti di rumah warga yang terdampak gempa bumi tersebut.

“Sejak kemarin terjadinya musibah ini, kami sudah berada di lokasi untuk mengamankan dan mendata serta membantu korban yang terkena musibah akibat gempa bumi,” kata Letkol Inf Sigit Sugiharto, Minggu (11/4/2021).

Sigit menyebut kegiatan ini adalah salah satu wujud kepedulian Kodim 0802 Ponorogo kepada masyarakat, terutama yang sedang mengalami musibah. Untuk itu, Sigit mengajak anggota Kodim 0802/Ponorogo yang turut dalam kerja bakti ini bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan maksimal guna membantu warga yang terkena musibah gempa bumi ini.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada warga yang terkena musibah,” katanya.

Dengan semangat penuh kekompakan, seluruh anggota yang hadir dalam kerja bakti tersebut, membersihkan material rumah. Seperti batu bata, genteng serta menurunkan atap atau genteng dan merobohkan dinding serta menebangi pohon sekitar rumah yang membahayakan keselamatan penghuni.

“Kita juga robohkan pohon di sekitar rumah yang dirasa juga membahayakan keselamatan penghuni,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, getaran gempa bumi tektonik yang terjadi di pesisir Jawa bagian selatan pada pukul 14.00 WIB juga turut dirasakan di wilayah Ponorogo. Bahkan, ada satu rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa yang berpusat di 90 km Barat Daya Kabupaten Malang dan kedalaman 25 km tersebut.

“Sementara dari pantauan kami, di Ponorogo masih ada satu rumah yang rusak akibat gempa yang terjadi tadi sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, Sabtu (10/4/2021).

Rumah yang rusak akibat gempa itu milik Hadi Purnomo (36), warga jalan Gadung Melati , RT/RW 002/001, Desa/Kecamatan Kabupaten Ponorogo. Budi sapaan akrab Setyo Budiono menyebut rumah Hadi Purnomo yakni tembok di sisi timur roboh. Dia menyebut jika kondisi rumah memang sudah tua, belum ada perbaikan sejak 30 tahun terakhir. Oleh karena itu, saat ada gempa dengan kekuatan M 6,7, rumah menjadi roboh.

“Yang roboh hanya tembok di sisi timur. Sehingga ini kondisi rumahnya miring,” katanya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar