Peristiwa

Dana Penyelenggaraan Pilkades Akan Cair Sebelum Hari H

Sekda Ponorogo Agus Pramono

Ponorogo (beritajatim.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono angkat bicara tentang polemik belum cairnya dana 10,1 miliar untuk penyelengaraan pilkades.

Padahal pelaksanaan pilkades serentak  198 desa di Ponorogo kurang 10 hari lagi. Dia berani menjamin, sebelum pelaksanaan pilkades pada 20 Mei 2019 nanti dana itu sudah cair semua.

”Uangnya ini sudah ada lho, tinggal mekanisme administrasinya saja,” kata Agus saat ditemui di kantornya gedung sasana krida praja lantai 2, Jumat (10/5/2019).

Dia mencontohkan desa di kecamatan Badegan sudah mengusulkan ke Bupati dalam hal ini lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ponorogo. Dan ini sudah ditindaklanjuti untuk diteruskan ke bagian keuangan. Jadi kegiatan pilkades ini benar Рbenar dianggarkan dari APBD Pemkab Ponorogo.

Agus mengakui dari 198 desa itu ada yang sudah turun, juga ada yang belum mengajukan. Jadi juga tergantung cepat tidaknya desa yang bersangkutan itu mengusulkannya. DPMD hanya menerima masukan dari desa, setelah itu baru diurus administrasinya.

”Kami dilarang membebani calon kepala desa. Namun bila biaya pilkades itu dirasa kurang sedikit. Dan pihak panitia dan cakades sepakat untuk mencukupinya ya tidak apa-apa,” katanya.

Agus menambahkan tentang biaya penyelenggaraan pilkades itu sudah ada peraturan bupati yang mengatur. Per desa anggarannya minimal Rp. 35 juta dan yang terbesar sampai nominal Rp. 90 juta, besar kecilnya angka itu tergantung pada jumlah pemilih.

”Jadi panitia pilkades jangan khawatir. Sebelum pelaksanaan pasti sudah cair,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar