Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Selama 4 Bulan Terakhir

Damkarlat Gresik Evakuasi 74 Ekor Ular

Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarlat) Gresik saat mengevakuasi ular masuk ke pemukiman warga

Gresik (beritajatim.com) – Selama empat bulan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarlat) Gresik telah mengevakuasi 74 ular berbisa dan tidak berbisa yang masuk ke pemukiman warga. Tidak menutup kemungkinan keberadaan binatang melata itu bisa bertambah lagi. Apalagi saat ini masih musim hujan.

Kepala Dinas Damkarlat Gresik AH Sinaga menuturkan, selama empat bulan terakhir pihaknya sudah mengevakuasi ular yang masuk ke pemukiman warga dari berbagai tempat. “Terakhir kami mengevakuasi ular piton sepanjang tiga meter lebih yang masuk ke kandang ayam milik warga di Kelurahan Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik,” tuturnya, Minggu (10/4/2022).

Dia menjelaskan, banyak ular yang masuk ke pemukiman warga karena faktor pergantian cuaca. Terlebih lagi, saat ini masih musim hujan. “Kemungkinan ular yang masuk rumah warga mencari makan,” ujarnya.

Mantan Kadispora Gresik itu menghimbau agar warga rutin memperhatikan kebersihan wilayahnya. Sehingga ular tidak masuk ke dalam permukiman mereka. “Harus rajin bersih-bersih di lingkungan masing-masing. Apalagi pemukiman dekat dengan kebun yang luas dan dekat selokan air. Jika menemukan ular segera laporkan kepada petugas agar hewan tersebut langsung dievakuasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Januar salah satu warga yang tinggal di Perumahan Cerme, Gresik, mengatakan, dirinya pernah menemukan ular masuk ke dalam rumahnya. Melihat kejadian itu, dirinya menelpon petugas Itu mengingat ada anaknya yang masih balita di dekat ular yang masuk ke rumah.

“Saya sempat kaget tiba-tiba ada ular masuk ke kamar. Langsung saya telp petugas damkarlat. Kebetulan rumah kami dulunya bekas sawah lalu dibangun perumahan,” pungkasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar