Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Selama 2 Bulan Terakhir

Damkar Tuban Tangkap Puluhan Ular Piton

Petugas dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban saat melakukan penangkapan Ular Phiton yang meresahkan warga Tuban.

Tuban (beritajatim.com) – Dalam kurun waktu sekitar dua bulan terakhir ini, petugas dari tim Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tuban telah melakukan evakuasi puluhan ekor ular Piton yang meresahkan warga.

Ular jenis Piton tersebut diamankan oleh tim Damkar Kabupaten Tuban setelah adanya laporan warga. Tak hanya masuk perkampungan, ular-ular itu juga kedapatan memangsa ternak milik warga masyarakat di Kabupaten Tuban.

Data yang dihimpun beritajatim.com, puluhan ekor ular Sowo Kembang atau Piton itu ditangkap petugas dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Tuban. Ular-ular tersebut saat ini masih diamankan di tempat penangkaran atau kandang mini milik Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban.

Petugas dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban saat melakukan penangkapan Ular Phiton yang meresahkan warga Tuban.

“Dalam kurun waktu dua bulan di tahun 2022 ini sudah ada sebanyak 23 ekor ular Piton yang kita evakuasi,” terang Sutaji, selaku Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Kabid Damkar) Dinas Satpol PP dan Damkar Tuban, Senin (21/3/2022).

Evakuasi puluhan ular Piton yang meresahkan warga itu di antaranya ditangkap di kawasan pemukiman yang ada di Kecamatan Rengel, Kecamatan Soko, Kecamatan Semanding dan beberapa wilayah lainnya. Yang mana Ular tersebut muncul di area pemukiman warga bahkan ada yang masuk ke dalam rumah warga.

“Ada juga ular yang masuk kadang ternak milik warga dan telah memakan seekor ayam. Kemudian pemilik kadang lapor kepada kami,” tambahnya.

Sementara itu, puluhan ular dengan ukuran panjang rata-rata lebih dari 3 meter tersebut saat ini masih diamankan di kadang yang ada di Kantor Damkar Kabupaten Tuban. Rencananya puluhan satwa liar tersebut akan dilepas liarkan ke kawasan hutan yang jauh dari pemukiman warga. [mut/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar