Peristiwa

Damkar Ponorogo Ingatkan Warga Waspadai Kebakaran di Musim Kemarau

Kasi Damkar Ponorogo Agus Irianto

Ponorogo (beritajatim.com) – Musim kemarau yang terjadi saat ini, membuat suatu daerah menjadi kering. Keadaan tersebut mudah memicu terjadinya kebakaran. Apalagi angin yang berhembus cukup kencang semakin membuat kebakaran menjadi.

”Musim kemarau ini juga berpengaruh terhadap kejadian kebakaran di Ponorogo,” kata Kasi Damkar Ponorogo Agus Irianto, Jumat (18/10/2019).

Agus mencatat selama masuk musim kemarau ini, yakni mulai bulan Juli hingga Oktober 2019 ada 34 kejadian kebakaran. Dengan jumlah kerugian akibat dari kebakaran tersebut mencapai Rp. 817 juta. Kebanyakan, penyebab kebakaran karena kesalahan manusia (human eror).

Seperti kebakaran penyebabnya karena korsleting listrik. Harusnya supaya tidak terjadi, kabel-kabel dicek dulu. Ganti dengan kabel baru yang sudah ber-SNI.

”Ada juga membakar sampah tidak ditunggu sampai sampah habis terbakar dan mati. Sehingga bisa menyebabkan kebakaran yang lebih luas,” katanya.

Selama ini, kebakaran rumah mendominasi kejadin kebakaran yang ada di bumi reyog. Jika dirumut hingga awal Januari 2019 hingga sekarang, total ada 53 kejadian kebakaran.

”Kemarau ini intersitas kebakaran naik tajam. Pernah kita keluarkan armada damkar sampai tiga kali dalam sehari unguk melayani warga dalam tugas memadamkan api,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar