Peristiwa

Damkar Bojonegoro Semprot Disinfektan Secara Massal

Petugas Pemadam Kebakaran melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar Alun-alun Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro melakukan penyemprotan disinfektan secara massal. Penyemprotan dilakukan menggunakan mobil pemadam di sepanjang jalan wilayah kota, Selasa (24/3/2020).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo mengatakan penyemprotan disinfektan merupakan bentuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). “Penyemprotan dilakukan bertahap di wilayah zona kuning, mulai kemarin,” ujarnya.

Dinas Pemadam Kebakaran, kata Andik, merupakan instansi yang bergerak di bidang penyelamatan, sehingga saat Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona, maka ikut membantu dalam pencegahan. “Kami punya armada yang bisa digunakan untuk melakukan penyemprotan, sehingga kita gunakan,” terangnya.

Penyemprotan disinfektan yang sudah dilakukan kemarin, seperti di Kantor Pos Jalan Trunojoyo, kawasan Alun-alun, Pasar Kota, Jembatan Sosrodilogo, dan taman Rajekwesi.

Sedangkan dua unit mobil pemadam hari ini juga melakukan penyemprotan, diantaranya di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander sebanyak 400 liter. Sedangkan mobil kedua melakukan penyemprotan di Jalan A Yani, Gajah Mada, Veteran, dan Kantor Bakorwil.

“Penyemprotan disinfektan itu dengan kapasitas mobil masing-masing 5.000 liter untuk dua unit mobil pemadam kebakaran,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, peta sebaran Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro saat ini statusnya masih zona kuning, atau masih tahap orang dalam pemantauan (ODP). Sedikitnya per 23 Maret 2020 sudah ada 26 PDP menyebar di 10 kecamatan yang ada di Bojonegoro.

Paling banyak ODP terjadi di kecamatan kota ada enam orang, kemudian lima orang di Kecamatan Sumberrejo, empat orang di Kecamatan Balen, tiga orang di Kecamatan Trucuk, dua orang di Kecamatan Kalitidu dan Dander, serta satu orang di Kecamatan Gayam, Purwosari, Kasiman dan Sekar. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar