Peristiwa

CJH di Tuban

Daftar Haji Sekarang, Baru Berangkat 27 Tahun Kemudian

Pelaksanaan kegiatan Reuni Haji yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Ribuan warga Tuban yang sudah pernah menjadi jemaah haji dari beberapa tahun terakhir yang tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menggelar tasyakuran dan reuni yang berlangsung di Pendopo Krido Manunggal, Kabupaten Tuban, Minggu (29/9/2019).

Kegiatan itu dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD dan Camat di Kabupaten Tuban, Ketua MUI dan Organisasi Keagamaan Kabupaten Tuban serta Alumni Haji dari semua angkatan. Diharapkan kegiatan itu bisa menjalin silaturahmi.

“Kami sampaikan terima kasih atas bantuan Pemkab Tuban terkait dengan hibah untuk memfasilitasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji. Alhamdulillah tidak ada pungutan sepeser pun kepada calon jemaah untuk pemberangkatan dan pemulangan dari Tuban hingga Embarkasi Surabaya,” ungkap Umi Kulsum, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Tuban.

Dalam kesempatan itu, Umi menyatakan bahwa reuni haji dibiayai dari infaq jemaah yang berangkat pada 2019. Dari total 878 jemaah tahun 2019, infaq yang diterima sebanyak 80 persen, dan selanjutnya dicukupi oleh Bupati Tuban Fathul Huda yang juga merupakan anggota IPHI Tuban.

Sementara itu, berdasarkan estimasi calon jemaah haji Kabupaten Tuban pada tahun 2020 sebanyak 1.200 orang. Jumlah tersebut belum termasuk cadangan, penggabungan dan lansia yang mempunyai prioritas untuk berangkat. “Bahwa estimasi calon jemaah haji Tuban 2020 sejumlah 1200 orang. Untuk diketahui sekarangĀ  masa tunggu daftar haji di Tuban adalah 27 tahun,” paparnya saat berada dalam kegiatan itu.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein selaku Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tuban menyampaikan selamat bergabung bersama IPHI bagi Jamaah Haji Tahun 2019 . IPHI Kabupaten Tuban ini sudah terbentuk hingga tingkat kecamatan bahkan desa.

“Karena sifat IPHI itu terbuka dan langsung, maka jemaah haji 2019 otomatis langsung menjadi anggota IPHI. TujuanĀ  terbentuknya IPHI untuk senantiasa meningkatkan silaturahim antar jemaah dan menjaga kemabruran haji,” ungkap Noor Nahar Hussein. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar