Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Curah Koboan, Dusun Terparah Diterjang Erupsi Semeru

Lumajang (beritajatim.com) – Curah Koboan adalah satu Dusun yang masuk wilayah Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Dusun tersebut rusak parah diterjang erupsi Semeru. Hingga Rabu (8/12/2021) siang ini, Pemerintah Desa Supiturang masih belum bisa melihat kondisi warganya yang berada di Curah Koboan.

Pihak Balai Desa Supiturang, mengaku kesulitan untuk menyalurkan bantuan kepada warganya yang berada di Dusun Curah Koboan. Pasalnya, jalur menuju dusun tersebut terputus usai di terjang lahar Gunung Semeru.

Kepala Desa Supiturang, Nurul Yaqin, mengatakan, desanya memiliki empat dusun. Yakni Dusun Sumbersari, Gumuk Mas, Supiturang dan Dusun Curah Koboan. Dari keempat dusun tersebut hanya Dusun Curah Koboan yang terpisah dari dusun lainnya.

“Curah Koboan ada di seberang sungai yang sekarang diratakan oleh pasir, lava pasir,” ungkap Yaqin, Rabu (8/12/2021).

Kata Yaqin, pihaknya hanya bisa memantau perkembangan Dusun Curah Koboan dari jauh. Pasalnya, untuk menuju ke kawasan tersebut saat ini hanya bisa melalui jalur utara dengan jarak tempuh 4 hingga 5 jam.

Apalagi, Jembatan Geladak Perak yang bisa digunakan untuk menuju Dusun Curah Koboan, sudah ambruk akibat diterang banjir lahar pada Sabtu (4/12/2021) lalu.

Yaqin mengaku, pihaknya saat ini meminta bantuan Desa Sumbermujur dan Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang untuk menyalurkan bantuan kepada warganya di Dusun Curah Koboan.

“Jadi Insya Allah kalau masalah bantuan dibantu oleh Kades Sumbermujur dan Kades Penanggal. Soalnya dari pihak Supiturang itu mau kesana, aksesnya masih sulit. Jembatannya terputus, mau nyeberang lahar itu panas. Jadi kendalanya panas itu,” pungkasnya. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan