Peristiwa

Cuaca Mulai Membaik, Kapal DBS III Berlayar ke Kangean

Kapal DBS III saat sandar di Pelabuhan Kalianget

Sumenep (beritajatim.com) – Setelah tertahan enam hari akibat cuaca ekstrem, akhirnya kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III berlayar ke Pulau Kangean dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep pada Rabu (08/01/2020).

“Alhamdulillah, cuaca hari ini membaik. Ombak dan angin mulai reda. Karena itu, kapal bisa diberangkatkan ke Kangean,” kata Humas PT Sumekar, operator Kapal DBS, Eko Wahyudi.

Ia menjelaskan, pelayaran ke Pulau Kangean terpaksa ditunda sejak Jumat (03/01/2020), karena ketinggian ombak di Perairan Kangean mencapai 3,5 meter. Karena itu, Syahbandar Kalianget menerbitkan larangan berlayar hingga cuaca membaik.

“Karena hari ini ombak mulai mereda, nahkoda memutuskan untuk berangkat. Kasihan para penumpang kalau terlalu lama tertahan di Pelabuhan Kalianget,” ujarnya.

Sementara Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Edy Sucipto menjelaskan, informasi perkiraan cuaca terbaru dari BMKG, tinggi maksimal gelombang di Perairan Kangean turun menjadi 2,25 meter.

“Kondisi seperti itu masih memungkinkan bagi KMP Dharma Bahari Sumekar III berlayar ke Pulau Kangean. Semoga saja tidak ada perubahan cuaca secara mendadak,” ucapnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar