Peristiwa

Cuaca Ekstrem Sumenep Diprediksi Hingga 3 Hari ke Depan

Data BMKG (foto:Istimewa)

Sumenep (beritajatim.com) – Kondisi cuaca di perairan Kepulauan Sumenep hingga tiga hari kedepan diperkirakan masih ekstrem.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim klas II Tanjung Perak, Surabaya, ombak di sekitar Perairan Kepulauan Sumenep masih cukup tinggi.

“Di Perairan Pulau Masalembu, Kangean, dan Sepudi, tinggi gelombang mencapai 3,5 meter disertai angin kencang. Belum lagi keberadaan awan cumulo nimbus yang luas dan gelap, dapat menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang,” kata Kepala BMKG Sumenep, Usman Khalid, Minggu (06/01/2020).

Menurutnya, kondisi tersebut cukup membahayakan untuk keselamatan pelayaran ke wilayah Kepulauan. Ia meminta agar seluruh operator pelayaran waspada dan selalu memperhatikan kondisi cuaca laut.

“Kami hanya sebatas menghimbau sesuai prakiraan cuaca. Yang berwenang memberikan izin kapal berangkat atau tidak itu Syahbandar. Tentu saja tetap berkoordinasi dengan BMKG,” ujarnya.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. Dari 27 kecamatan tersebut, 9 diantaranya merupakan kecamatan kepulauan. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar