Peristiwa

Cuaca Buruk, Ketinggian Ombak di Perairan Masalembu Capai 6 Meter

Sumenep (beritajatim.com) – Cuaca buruk kembali terjadi di perairan Sumenep pekan ini. Karena itu, pelayaran ke kepulauan diminta untuk ditunda.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, ketinggian ombak di Perairan Masalembu dan Kangean berkisar antara 5- 6 meter.

“Kondisi ombak seperti itu tentu saja cukup membahayakan keselamatan pelayaran,” kata Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usmad Khalid, Rabu (23/1/2019).

Ia menjelaskan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terhadap tingginya gelombang di dua wilayah perairan tersebut. Para nelayan dan operator pelayaran diharapkan meperhatikan himbauan tersebut demi keselamatan.

“Kami sarankan untuk sementara menunda pelayaran, hingga cuaca membaik. Apalagi untuk kapal-kapal kecil atau perahu nelayan,” ujar Usman.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, cuaca ekstrem di Perairan Sumenep diprediksi akan berlangsung hingga tanggal 28 Januari 2019. Karena itu, ia meminta agar masyarakat yang akan melaut ataupun jalur pelayaran, selalu meng-up date informasi cuaca laut sebelum beraktifitas.

“Kalau curah hujan di Sumenep terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat. Hampir merata di seluruh wilayah Perairan Jawa Timur,” tandas Usman.  [tem/suf[

Apa Reaksi Anda?

Komentar