Peristiwa

Covid-19 Terus Naik, Karyawan Toko Kue di Jombang Jalani Swab Antigen

Petugas berseragam APD lengkap memasuki Toko Mayar untuk melakukan swab antigen sejumlah karyawan

Jombang (beritajatim.com) – Petugas dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jombang mendatangi Toko Mayar yang ada di Jl Ahmad Yani, Selasa (22/6/2021). Mereka melakukan pelacakan atau tracing pasien Covid-19.

Petugas datang menggunakan APD (alat pelindung diri) lengkap. Toko yang berada di kawasan Pasar Citra Niaga (PCN) ini kemudian ditutup. Sementara petugas dari Polsek Jombang melakukan penjagaan di sekitar lokasi. Termasuk mengatur lalu lintas di kawasan itu. Beredar kabar secara berantai bahwa karyawan di toko kue tersebut positif Covid-19.

 

Koordinator Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Jombang Budi Winarno membenarkan bahwa petugas dari Puskesmas setempat sedang melakukan tracing. Kemudian sejumlah karyawan di toko tersebut dites swab antigen.

Budi menceritakan, awalnya ada kabar viral di media sosial tentang munculnya pasien positif Covid-19 di toko itu. Dinas Kesehatan (Dinkes) memerintahkan Kepala Puskesmas (Kapus) setempat untuk melakukan tracing. “Untuk hasilnya, kami belum tahu,” kata Budi.

Kapolsek Jombang AKP Bambang Setyo Budi menambahkan, pihaknya menerjunkan anggotanya guna melakukan pengamanan di sekitar lokasi. Namun demikian, Bambang belum mengetahui secara pasti hasil dari tes swab antigen tersebut.

Petugas dari Polsek Jombang melakukan pengamanan di depan Toko Mayar

“Memang benar, ada petugas dari Puskesmas yang melakukan tracing melalui swab antigen. Namun kami tidak tahun hasilnya seperti apa. Karena kami hanya melakukan pengamanan di lokasi,” kata Bambang sembari mengingatkan agar masyarakat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, berdasarkan data di laman Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, Selasa (22/6/2021), jumlah positif Covid-19 sebanyak 125 pasien. Selain dirawat di sejumlah rumah sakit, mereka juga menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan dari 21 kecamatan yang ada, sebanyak tiga kecamatan bersatus zona merah. Yakni, Kecamatan Jombang, Gudo, serta Diwek. Hanya ada dua kecamatan yang manyandang zona hijau, Wonosalam dan Ngusikan. Sisanya, zona kuning dan oranye. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar