Peristiwa

Covid-19 Bikin Angka Laka Lantas di Ponorogo Menurun

Ponorogo (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun lalu turut mempengaruhi angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di bumi reyog. Tahun 2020, trena menurun jika dibandingka angka lala lantas tahun sebelumnya.

Data dari Satlantas Polres Ponorogo mencatat dalam periode Januari hingga Desember 2020 terjadi 634 kasus laka lantas. Sedangkan laka lantas di tahun 2019, angkanya lebih banyak, yakni mencapai 750 kasus.

“Tahun 2020 ada penurunan kasus laka lantas,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Aziz, Minggu (10/1/2020).

Pandemi Covid-19, kata Azis juga berpengaruh pada jumlah kendaraan yang di tilang. Sebab, pihaknya sengaja mengurangi kegiatan razia dengan tindakan tilang. Satlantas Polres Ponorogo lebih fokus mensosialisasikan pada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kami memberikan sanksi teguran terhadap pengendara yang tidak memakai masker,” katanya.

Azis menyebut jika pun ada penilangan, itu hanya diberlakukan pada pengendara yang kedapatan melanggat peraturan lalu lintas dengan jelas. Selain itu juga membahayakan masyarakat lainnya.

Pembatasan sosial yang dilakukan di daerah-daerah, bisa jadi faktor yang mempengaruhi turunnya jumlah laka lantas. Sebab, dengan pembatasan itu, juga berpengaruh dalam aktivitas berkendara masyarakat. Otomatis itu juga berpengaruh pada laka lantas.

“Pandemi Covid-19 tahun lalu membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar