Peristiwa

Ciiiitt…Bruak! Bus Sugeng Rahayu Tabrak Rumah di Mojokerto

Kondisi rumah di Jalan Raya Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto yang ditabrak bus Sugeng Rahayu.

Mojokerto (beritajatim.com) – Bus Sugeng Rahayu nopol W 7104 UP menabrak rumah di Jalan Raya Trowulan, Desa/Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (13/2/2021). Akibatnya rumah bagian depan yang dijadikan toko rusak berat, sementara sopir bus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Awak Bus Sugeng Rahayu, Erik Nur Hidayat mengatakan, kecelakaan terjadi sekira pukul 22.30 WIB. “Bus dari timur ke barat atau dari Surabaya mau ke Madiun. Mungkin mau ngerem tapi kok goyang ke kanan jadi selip. Ada bus Sugeng Rahayu juga, nyalip dari sebelah kanan,” ungkapnya.

Karena aspal yang baru dan kondisi di sekitar lokasi hujan rintik-rintik sehingga jalan licin membuat bus justru ke kanan. Ban bus lompat ke pembatas jalur, tak lama sopir langsung banting setir ke arah kiri dan menabrak rumah bagian depan yang ada di sisi kiri jalan.

“Tahu-tahu ke kanan lompat trotoar terus banting kiri nabrak rumah. Saya tadi ada di belakang. Ada 40 penumpang, semua dialihkan ke bus lain. Hanya sopir yang luka ringan dibawa ke rumah sakit. Ini bus jurusan Surabaya-Wonogiri,” jelasnya.

Pemilik rumah, Abdul Hasan mengatakan, saat kejadian terdengar suara cukup keras di bagian depan rumah. “Saya di rumah, saya tidur. Ada suara rem, ciiiiiit….bruak. Sangat keras. Tapi saya tidak keluar, saya tahu itu di rumah saya karena saat saya buka pintu terlihat debu dari bangunan gelap di dalam rumah,” ujarnya.

Hasan menjelaskan, ia berusaha menyelamatkan keluarganya. Ada enam orang di dalam rumah. Dirinya, istri, dua anak, ibu dan keponakan. Rumah yang tertabrak bus merupakan toko onderdil dan helm dengan ukuran 5 meter x 8 meter ambruk total. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

“Alhamdulilah pada saat itu, keponakan saya ada di ruang tamu. Biasanya jam segitu mau membenahi helm. Ini memang toko helm dan onderdil motor. Pada saat itu jam 10 malam, keponakan saya ada di ruang tamu. Alhamdulillah selamat semua,” tuturnya.

Sementara itu, Kanit Laka Polsek Trowulan, Ipda Suparno menjelaskan, informasi dari masyarakat pukul 22.30 WIB terjadi kecelakaan bus menabrak rumah. “Bus Sugeng Rahayu dari Surabaya, di TKP ada temannya menyalip dari kanan. Mendahului sehingga terkejut dan banting kiri,” katanya.

Akibatnya, lanjut Kanit, bus menabrak rumah di sisi kiri jalan. Tidak ada korban dalam kecelakaan tersebut, hanya sopir mengalami luka ringan dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Penumpang bus cukup banyak dan dialihkan ke bus lain. Sementara akibat kecelakaan tersebut rumah bagian toko dan pagar rusak.

“Hanya sopir yang terluka. Luka ringan. Sopir atas nama Jumantoro, usia 51 tahun warga Desa Tenaru, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik,” pungkasnya.

Petugas dari Satlantas Polres Mojokerto bersama Polsek Trowulan di lokasi kejadian untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa saksi. Mobil derek juga berada di lokasi untuk melakukan evakuasi bus tersebut. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar