Peristiwa

Mampu Mereduksi Racun Asap Rokok

Cigarette Control Spray Inovasi Ciptaan Mahasiswa UMS

Surabaya (beritajatim.com) – Cigarette Control Spray merupakan produk inovasi yang diciptakan oleh Fonda Nissa Amanah Milleniar dan Muhammad Isror Fanani, mahasiswa jurusan Analis Kesehatan FIK UMS. Produk ini merupakan spray atau cairan yang mampu mereduksi racun yang terkandung di dalam asap rokok.

Berawal dari kegelisahan mereka terhadap dampak asap rokok yang sangat buruk bagi perokok aktif maupun pasif, mereka pun memikirkan sesuatu yang dapat menetralisir. Kemudian mereka menemukan senyawa preganeglikosid, yakni pengikat racun yang berupa udara atau asap.

“senyawa preganeglikosid ini banyak di tanaman Lidah mertua. Lidah mertua sendiri sudah banyak digunakan sebagai antipolutan. Oleh karenanya kami ingin menggunakannya pada asap rokok,” ungkap Fonda.

Pembuatan Cigarette Control Spray ini terbilang cukup sederhana yakni dengan irisan tanaman lidah mertua, dipotong potong dan direndam dengan alkohol selama 3-5 hari. Kemudian dievaporasi untuk menghilangkan alkoholnya.

Setelah itu dilakukan pengujian kepadatan dengan spekrofotometer, sebelum dan sesudah terpapar asap rokok. Pada finalnya ditemukan bahwa setelah terpapar asap rokok, larutan lidah mertua ini mampu mengikat racun asap rokok sebanyak 30-35 persen.

Inovasi ini masih dalam produk sederhana, yakni larutan murni lidah mertua. Kedepannya mereka berharap hasil inovasi ini mampu dikemas lebih atraktif seperti spray otomatis penghargaan ruangan.

“Penelitian ini sebenarnya outputnya Cigarette Control Spray yang bisa digunakan di smoking area. Karena larutan ini mampu mengikat racun di udara sehingga mereduksi dampak asap rokok,” pungkas Fonda. [adg/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar