Peristiwa

Cegah Uap Panas Gunung Kelud, Lintas Komunitas Tanam Sukun dan Bunga Kenanga

Kediri (beritajatim.com) – Kodim 0809 Kediri bersama jajaran serta para penggiat lingkungan dari lintas komunitas mengadaan penghijauan di kawasan Gunung Kelud. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah erosi serta uap panas saat terjadi letusan gunung berapi ini ke permukiman.

Aksi penghijauan ini berlangsung di Hutan Mbambingan, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Aksi dipimpin langsung Dandim 0809 Kediri, Letkol Kav. Dwi Agung. Sementara itu, Anggota Muspika Kecamatan Ngancar turut serta dalam kegiatan ini.

Dalam sambutan sebelum aksi tanam dilakukan, Letkol Kav. Dwi Agung mengatakan bahwa pohon adalah sumber kehidupan. Maka dari itu, kegiatan tanam pohon harus terus digalakkan. “Kita tidak boleh membiarkan ada lahan yang gundul. Kita harus terus menanam pohon untuk menghijaukan bumi kita dan demi anak cucu kita,” katanya, Minggu (12/1/2020).

Sementara itu, Yuwono, pengelola Hutan Obat Mbambingan mengatakan bahwa wilayah yang dikelolanya ini hanya menjadi tempat penanaman pohon oleh Kodim 0809 Kediri dan para pegiat lingkungan. Bibit tanaman ditanam kali ini adalah 1.000 pohon sukun, 1.000 pohon kenanga dan tanaman keras seperti kalpataru, kontobimo, kayu manis, blendok dan terbesi.

“Tujuan acara adalah nyabuki Kelud arti merapatkan populasi tanaman agar besok terjadi bencana mengurangi uap panas masuk kampung,” Obed, dari Aksi Relawan Muslim Indonesia (ARMI) yang turut serta dalam aksi ini.

Penghijauan ini digagas oleh Hutan Obat Pondok Larize Romo Hardo dan warga sugih waras. Panitia memilih hari minggu agar banyak pihak yang dapat terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan reboisasi yang bertema ‘Nyabuki Kelud’ yang artinya merapatkan populasi tanaman agar besok saat terjadi bencana Gunung Kelud meletus bisa mengurangi uap panas masuk kampung terdekat seperti Desa Sugihwaras.

Menurut Wahyu pengelola Hutan Obat, pemilihan bibit pohon ini karena selain tahan terkena panas, juga buahnya bisa untuk alternatif pengganti bahan pokok karena mengandung karbohidrat tinggi. Sedang bunga kenanga juga mempunyai nilai tinggi sebagai bahan parfum dan campuran tanaman obat. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar