Peristiwa

Cegah Teror di Tuban, Polisi Perketat Pengamanan Gereja

Kapolres Tuban saat melalukan pengecekan pelaksanaan kegiatan Ibadah di Gereja Santo Petrus

Tuban (beritajatim.com) – Menjelang peringatan Hari Keniakan Isa Almasih, petugas Polres Tuban melakukan sterilisasi terhadap sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Tuban. Itu dilakukan guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas termasuk aksi teror di wilayah Tuban Bumi Wali, Kamis (1/4/2021).

Sterilisasi di tempat ibadah tersebut dilakukan sebelum pelaksanaan ibadah di gereja oleh umat Kristen. Selain itu penjagaan juga diperketat dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk menjaga ketentraman.

Sterilisasi gereja itu dilakukan oleh tim khusus dari Sat Sabhara Polres Tuban dengan melakukan penyisiran sejumlah gereja. Pemeriksaan dilakukan secara teliti dengan menyisir setiap sudut gereja, Hal itu untuk memastikan bahwa tidak ada benda-benda berbahaya seperti bahan peledak atau lainnya.

“Kita sudah melakukan sterilisasi di gereja-gereja menjelang Paskah. Sebagaimana kita ketahui sudah mulai dilakukan kegiatan ibadah di gereja-gereja, meski dengan jumlah jemaat yang dibatasi,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban.

Selain melakukan sterilisasi, Polres Tuban juga melakukan pengamanan secara ketat di sejumlah gereja dengan menempatkan sejumlah personel bersenjata lengkap. Sehingga untuk jemaat yang akan masuk juga harus dilakukan pemeriksaan.

“Kita tidak boleh underestimate, karena ancaman terorisme bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, sehingga Polri tidak boleh lengah. Kita juga dibantu TNI , Banser Ansor, ikut mengamankan pelaksanaan ibadah malam ini,” tambahnya.

Sementara itu, guna menciptakan rasa aman setelah adanya aksi teror bom bunuh diri depan gereja katedral Kota Makassar, Kapolres Tuban bersama dengan jajaran PJU dan juga TNI langsung melakukan pengecekan pelaksanaan Ibadah Paskah di Gereja Santo Petrus, Kota Tuban. Pihaknya selalu berpesan pada pihak gereja supaya teliti terhadap jemaat yang ikut kegitan. [mut/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar