Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Cegah Covid-19, FPRB Jombang Salurkan Bantuan APD Hingga ke Desa

Pengurus FPRB Jombang menyerahkan bantuan alat semprot, baju APD dan disinfektan di Balai Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, Rabu (11/8/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jombang menyalurkan bantuan baju APD (alat pelindung diri) ke sejumlah desa. Di antaranya Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, dan Desa Gongseng, Kecamatan Megaluh.

Untuk di Desa Sentul, selain baju APD, juga diberikan bantuan berupa cairan disinfektan serta alat semprot atau spray. Peralatan tersebut guna memutus penyebaran Covid-19 di tingkat desa. “Bantuan APD ini diharapkan dapat membantu satgas Covid-19 di tingkat desa,” kata Sekretaris FPRB Jombang Amik Purdinata di Balai Desa Sentul, Rabu (11/8/2021).

Dalam penyerahan bantuan tersebut Amik didampingi Bendahara FPRB Jombang Isawan Nanang. Bantuan tersebut diterima secara langsung oleh Pj Kepala Desa (Kades) Sentul, Amirullah. “Ada tiga item yang kita serahkan ke Pemdes Sentul, yakni baju APD, cairan disinfektan, serta alat semprot. Semoga bantuan ini bermanfaat,” tambah Amik.

Pj Kades Sentul Amirullah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh FPRB Jombang. Amirullah mengatakan, awalnya pihak desa kesulitan ketika ada warga yang meninggal akibat Covid-19. Karena pihak desa belum memiliki peralatan seperti sprayer dan baju APD.

Walhasil, kesulitan tersebut direspon oleh FPRB Jombang. Yakni dengan memberikan bantuan kepada Desa Sentul berupa sprayer, baju APD, serta cairan disinfektan. “Tentunya ini sangat membantu tim yang ada di Desa Sentul. Kami berharap kerja sama dengan FPRB ini bisa berlanjut. Karena kami juga butuh informasi tentang Covid,” ujar Amirullah.

Setelah Desa Sentul, bantuan serupa juga diberikan untuk Pemdes Gongseng, Kecamatan Megaluh. Bantuan tersebut berupa 10 unit baju APD. Baju itu digunakan untuk penangangan Covid-19 di desa yang berdekatan dengan Sungai Brantas tersebut.

Pengurus FPRB Jombang usai menyerahkan baju APD untuk Pemdes Gongseng, Kecamatan Megaluh, Rabu (11/8/2021)

Penyerahannya, dari FPRB diwakili oleh Isawan Nanang, sedangkan yang menerima adalah Sekdes Gongseng, Kecamatan Megaluh, Suryadi. FPRB Jombang terus melakukan pemetaan guna menyalurkan bantuan ke desa-desa. Tujuannya, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ketua FPRB Jombang dr Agung Sugiharto Masrum mengatakan, penanganan bencana seperti sekarang ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Seluruh pihak harus saling membantu. Sehingga, pandemi Covid-19 bisa teratasi.

Dokter RSUD Jombang ini juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) 5M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

“Disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, menjadi cara untuk mencegah diri tertular dan menularkan Covid-19,” pungkas Agung. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar