Peristiwa

Cegah Corona, Penyemprotan Desinfektan di Tuban Gunakan Mobik PMK

Tuban (beritajatim.com) – Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sudah mulai melakukan berbagai cara untuk pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah titik tempat umum yang ada, Selasa (17/3/2020).

Penyemprotan desinfektan dimulai dari kawasan Pendopo Krido Manggal, Masjid Pendopo dan juga masjid Agung Kabupaten Tuban. Adapun untuk penyemprotan di kawasan wisata religi Makan Sunan Bonang Tuban masih belum dilakukan lantaran masih menunggu giliran meski merupakan tempat umum.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, proses penyemprotan desinfektan itu dilakukan oleh pihak Pemkab Tuban dengan menggunakan satu unit mobil PMK dari BPBD Tuban. Tak hanya satu mobil PMK, untuk proses sterilisasi itu juga telah disediakan satu tangki suplay cairan untuk proses penyemprotan itu.

“Untuk proses penyemprotan desinfektan hari ini pertama kita lakukan di kawasan pendopo termasuk masjid di pendopo, di Masjid Agung ini dan kemudian kita lakukan di Kodim 0811 Tuban termasuk masjidnya,” terang Yudi Irwanto, selaku Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.

Proses penyemprota Desinfektan di Masjid Agung Tuban itu dilakukan di beberapa titik pintu masuk, teras dan juga bagian dalam masjid termasuk pada pagar-pagar masjid yang sering dijadikan tempat pegangan. Pihak BPBD sendiri akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban jika memang ada tempat-tempat yang perlu dilakukan penyemprotan desinfektan guna pencegahan penyebaran virus corona.

“Selanjutnya, akan dijadwalkan penyemprotan di objek wisata religi maupun lainnya sesuai dengan instruksi maupun permintaan dari pengelola. Untuk skretariat kita dalam penanganan ini semua ada di Dinas Kesehatan Tuban, termasuk untuk on call 24 jam,” tambah Yudi Irwanto saat berada di Majid Agung Tuban itu.

Sementara itu, dalam pelaksaan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi di Pendopo Kabupaten Tuban itu diikuti oleh Bupati Tuban didampingi Wakil Bupati Tuban bersama Forkopimda Tuban membersihkan area pendopo. Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan kegiatan ini menjadi contoh bagi masyarakat kabupaten Tuban untuk menjaga kebersihan.

“Sampai dengan saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Tuban yang terinfeksi Covid-19. Meski demikian, tidak boleh santai dan harus selalu waspada. Perlu diambil upaya preventif untuk mencegah persebarannya, penyakit Covid-19 dapat dicegah dan diobati,” ungkap Fathul Huda, Bupati Tuban.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Tuban itu mengintruksikan kepada semua pimpinan OPD, Camat, dan Kepala Desa se-Kabupaten Tuban untuk selalu menjaga kondisi unit kerja masing-masing. Tidak hanya itu, mereka juga diminta untuk menggalakkan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan menghimbau semua untuk mematuhi Surat Edaran yang telah dikeluarkan. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar