Peristiwa

Cegah Abrasi, Masyarakat Pesisir dan Polisi Tanam Mangrove

Gresik (beritajatim.com) – Masyarakat pesisir beserta polisi dan pramuka secara serentak melakukan penanaman mangrove di Kawasan Pesisir Utara Gresik.

Kegiatan tersebut selain mencegah abrasi juga untuk gerakan penghijauan di kawasan pesisir serta menanamkan kepedulian lingkungan di kalangan generasi muda.

Aktivitas penanaman mangrove dilakukan secara serentak. Mulai dari Kelurahan Kroman, Kecamatan Gresik hingga wilayah perkotaan dekat Pelabuhan Gresik.

Aktivitas penanaman mangrove, melibatkan berbagai unsur masyarakat. Diantaranya, masyarakat nelayan, pramuka, siswa sekolah dasae hingga petugas Polres Gresik.

Teriknya panas matahari, tidak menyurutkan minat peserta menanam mangrove. Mereka rela mandi lumpur untuk menjangkau lokasi penanam mangrove.

Salah satu peserta penanaman Vera (14) mengatakan, aktivitas penghijauan tidak sekedar melindungi kawasan pantai dari kerusakan. Tetapi, juga untuk pemeliharaan benih ikan dan biodata laut.

“Ini merupakan pengalaman pertama bagi saya turut serta ikut kegiatan penanaman mangrove,” katanya, Rabu (12/02/2020).

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, penanaman mangrove sebagai upaya penyelamatan pantai dari kerusakan agar terhindar dari bencana.

“Melalui kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem dan menanamkan kepedulian lingkungan sejak dini,” tuturnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar