Peristiwa

Cara Korem Bhaskara Jaya Tangkal Paham Radikal dan Komunis

Surabaya (beritajatim.com) – Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto berupaya terus meminimalisir keberadaan paham radikalisme dan komunisme di wilayah teritorialnya. Salah satunya dengan menyosialisasikan wawasan kebangsaan ke masyarakat.

Kali ini, orang nomor satu di tubuh Makorem Bhaskara Jaya itu, membekali para mahasiswa IAIN Sunan Ampel. “Paham-paham tersebut sangat berdampak bagi Persatuan dan Kesatuan yang sudah terwujud dengan baik di Indonesia,” ujar Danrem melalui kegiatan Asean your Assembly atau AYA 2019, Sabtu (27/4/2019).

Berkembangannya paham tersebut, ungkap Kolonel Sudaryanto, mampu menebus batas-batas teritorial yang bersifat lintas negara. Sebab, perkembangan teknologi, seakan menjadi sarana empuk bagi para pelaku yang ingin menyebarkan paham radikalisme dan komunisme itu.

“Bahayanya lagi, sikap ekstrimis itu diimplementasikan melalui berbagai macam aksi teror dan ancaman bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Meski banyak pelaku teror yang berhasil ditangkap, namun persoalan tersebut tetap menjadi pembahasan yang serius bagi pemerintah. “Jika melihat aksi teror di Timur Tengah yang belum mereda, dikhawatirkan nantinya bisa memicu aksi-aksi terorisme lainnya,” katanya.

Pemberantasan radikalisme dan paham komunisme di Indonesia, lanjutnya, merupakan masalah yang sangat komplek. Permasalahan itu, bukan hanya tugas aparat keamanan. Akan tetapi, peran masyarakat pun sangat dibutuhkan.

“Mengenai permasalahan itu, saya mengimbau peran serta masyarakat agar terus ditingkatkan. Karena, tindakan-tindakan tersebut hanya dilakukan oleh segelintir oknum masyarakat,” pintanya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar