Peristiwa

Butuh 7 Jam, Evakuasi Warga Ponorogo yang Tertimbun Pasir di Dalam Sumur

Ponorogo (beritajatim.com) – Nasib naas harus diterima Sumadi (50), warga Desa Purwosari Kecamatan Babadan Ponorogo. Yang bersangkutan yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bor sumur itu, meninggal dunia saat melakukan tugasnya memperbaiki sumur di rumah salah satu warga Desa/Kecamatan Babadan. Korban meninggal dunia diduga karena tertimbun runtuhan atau longsoran pasir yang ada di dalam sumur. Saat itu korban sedang mengebor (mendalamkan) sumur tersebut.

“Korban memperbaiki atau mendalamkan sumur yang kurang lebih dalamnya 25 meter,” kata Kapolsek Babadan IPTU Yudi Kristiawan, Minggu (28/6/2020).

Yudi menceritakan kronologis kejadian, awalnya korban masuk ke dalam sumur sekitar pukul 10.00 WIB. Sekitar pukul 11.00 WIB, korban sempat meminta gergaji kepada pemilik rumah, dan sudah diambilkan. Nah setengah jam kemudian, pemilik rumah memanggil korban yang masih di dalam sumur untuk istirahat. Namun, saat dipanggil-panggil dari atas tak ada jawaban.

“Pemilik rumah dan beberapa warga mencoba menyenter ke dalam sumur. Terlihat sudah ada timbunan pasir,” katanya.

Menurut pantauan beritajatim.com di TKP, kurang lebih membutuhkan waktu 7 jam, tim evakuasi untuk mengangkat korban dari dalam sumur. Tim gabungan dari BPBD Ponorogo, TNI dan Polisi bahu membahu mengeluarkan pasir yang menimbun korban. Evakuasi sempat kesulitan karena korban tertimbun pasir dengan ketebalan kurang lebih empat meter.

“Jasad korban baru bisa dievakuasi ke permukaan sekitar pukul 19.00 WIB. Tim evakuasi membutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk menaikkan korban ke atas,” katanya.

Usai bisa dievakuasi ke permukaan, korban langsung dilakukan visum luar oleh tim inavis Polres Ponorogo. Hasil sementara tidak ada luka di badan korban. Hidung korban kemasukan pasir, diduga yang menyebabkan korban kehabisan nafas dan meninggal.

“Kejadian ini murni karena kecelakaan kerja. Keluarga korban menerima sebagai musibah. Kemudian korban diantar ke rumah duka,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar