Peristiwa

Busa ‘Salju’ Mengalir di Sungai Sumput Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Warga Sumput Kec Sidoarjo dan lainnya berbondong-bondong mendatangi tangkis sungai setempat Sabtu (18/1/2020).

Warga merasa keheranan dengan kondisi air sungai yang berubah atas permukaan air, berbusa. Begitu tebalnya busa yang menumpuk dan mengalir sepanjang sungai, sampai di ambil anak-anak dibuat untuk permainan.

Warga menduga busa-busa bak salju di atas sungai itu berasal dari limbah pabrik yang berada di hulu sungai. Kondisi itu pun dikhawatirkan dapat mengganggu ekosistem sungai tersebut.

Warga menduga demikian karena busa yang muncul itu pada malam hari hingga pagi. Setelahnya menjelang siang, ‘salju’ di atas sungai mulai hilang. Terlebih usai terkena sinar matahari, ‘salju’ meleleh menyatu dengan air.

Warga sekitar mengetahui fenomena itu sudah tiga hari ini. Namun banyaknya busa tidak tampak sebanyak hari ini. “Kemarin juga keluar busa, tapi tidak sebanyak ini. Hari ini banyak sekali dan menumpuk memenuhi permukaan air sungai,” kata Hafid warga Sumput.

Meski tidak mengganggu secara langsung kepada warga sekitar, namun busa-busa ini dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem sungai karena diduga berasal dari limbah.

“Warga banyak yang was-was busa itu muncul karena adanya pembuangan limbah dari pabrik,” keluhnya. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar