Peristiwa

Tak Punya Izin Trayek

Bus Sudiro Tunggal Jaya Diamankan Petugas Gabungan

Sumenep (beritajatim.com) – Bus Sudiro Tungga Jaya diamankan petugas gabungan di jalan lingkar barat, Kabupaten Sumenep. Bus antar kota antar provinsi (AKAP) jurusan Sumenep – Jakarta itu ditengarai tidak memiliki izin trayek.

“Bus Sudiro Tungga Jaya ini sudah hampir satu bulan beroperasi di Sumenep tanpa membawa surat lengkap. Jadi bus ini tidak memiliki izin trayek di Sumenep,” terang Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A, Arya Wiraraja Kabupaten Sumenep, Handoko Imam Hanafi, Jumat (28/8/2020).

Petugas gabungan yang melakukan tindakan tegas terhadap bus milik PT Tunas Muda Transportation tersebut yakni petugas Satlantas Polres Sumenep, Dinas Perhubungan, dan Korsatpel Terminal Tipe A, Arya Wiraraja Sumenep.

Korsatpel Terminal Tipe A, Arya Wiraraja Sumenep merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Perhubungan RI sejak 2017. “Kami sudah pernah memberikan peringatan terhadap pengemudi bus. Bahkan sudah dibuatkan surat pernyataan agar tidak masuk wilayah Sumenep. Ternyata peringatan itu tidak diindahkan. Malah melanggar lagi,” terang Handoko.

Ia mengungkapkan, sempat ada protes dari para agen resmi bus AKAP terhadap masuknya bus Sudiro Tungga Jaya yang tidak memiliki ijin trayek. Para agen bus AKAP itu telah melayangkan surat resmi memprotes beroperasinya bus Sudiro Tungga Jaya.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan sebagai wujud penegakan aturan di Terminal Tipe A, Arya Wiraraja Sumenep, maka setelah kami melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Sumenep dan Dishub, kami memberikan tindakan tegas. Bus Sudiro Tungga Jaya kami istirahatkan di terminal,” paparnya.

Menurut Handoko, pihaknya segera meneruskan kasus ini ke jajaran di atasnya untuk menindaklanjuti. “Bisa saja pimpinan perusahaan otobus akan dipanggil,” ucapnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar