Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Bupati Pamekasan Lepas 417 JCH Kloter 32

Pamekasan (beritajatim.com)Bupati Pamekasan, Badrut Tamam secara resmi melepas sebanyak 417 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Pamekasan, yang tergabung dalam Kloter 32 di depan Masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan, Minggu (19/6/2022).

Dalam pelepasan tersebut, Bupati Badrut Tamam didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Mawardi, serta Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto. Disaksikan sejumlah pejabat hingga para pengantar JCH.

Pelepasan pera JCH tersebut juga ditandai dengan lantunan adzan dan iqamah yang dilakukan petugas haji, diiringi tangis haru sejumlah pengantar yang melepas keberangkatan para jemaah. “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kami melepas para jemaah menuju tanah suci Makkah,” kata Bupati Badrut Tamam.

Sebelumnya bupati muda yang familiar disapa Mas Tamam juga meminta para JCH Pamekasan, agar memperbaiki niat dalam melaksanakan ibadah rukun Islam kelima. “Kami berharap para jemaah agar memperbaiki niat dalam melaksanakan ibadah ini, karena tidak banyak orang yang dipanggil untuk melaksanakan ibadah haji,” ungkapnya.

“Ajunan (para JCH) merupakan orang yang istimewa dan orang yang sabar, sabar karena mendaftar mulai tahun 2011 dan baru tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji. Dari itu, mari perbanyak dzikir kepada Allah, berharap hajat terkabul, serta tidak membicarakan hal yang kurang baik demi menjaga kesucian jiwa,” imbuhnya.

Ia menjelaskan jika pelaksanaan ibadah haji merupakan momentum tepat untuk memperbaiki diri. “Perlu kita ketahui bersama, bahwa ibadah haji ini bukan urusan punya uang atau tidak punya uang, tetapi merupakan panggilan dan takdir dari Allah Subhahahu wa Ta’ala. Sehingga dari itu, kami sangat berharap agar ibadah haji yang kita laksanakan menjadi mabrur,” harapnya.

Pesan lainnya, ia juga mengimbau para JCH agar selalu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji. Sehingga nantinya dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk, “Kesempatan menjalankan ibadah haji dan suwan kepada Nabi Muhammad Shaallahu ‘Alaihi wa Sallam, merupakan kesempatan emas bagi kita semua. Sehingga mulai hari ini mari bersihkan hati kita,” imbau Mas Tamam.

“Tidak kalah penting, kami juga meminta kepada para jemaah untuk selalu mendoakan Pamekasan, agar menjadi kabupaten yang aman, makmur dan masyatakatnya sejahtera. Khususnya selama berada di Haramain (sebutan untuk Makkah dan Madinah),” pintanya.

Permintaan doa lainnya agar pemerintahan yang dipimpinnya selalu melayani, para ulama selalu membimbing, serta masyarakat yang patuh untuk kebaikan. “Doakan Pamekasan ini, mudah-mudahan menjadi kabupaten baldatun thoyyibatun wa robbun ghafur. Mudah-mudahan segala doa ajunan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” pungkasnya.

Seperti diketahui, total JCH Pamekasan pada tahun ini terdata sebanyak 417 orang, terdiri dari sebanyak 414 orang jemaah, plus 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), serta 1 orang pembimbing, Dari jumlah tersebut, terdapat sebanyak 29 orang JCH mengundurkan diri karena alasan berbeda. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar