Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Hari Menanam Nasional

Bupati Magetan Serukan Tanam 600.000 Pohon

Bupati Magetan, Perhutani, TNI Polri, dan Diaspora Magetan tanam pohon di Kawasan Petak 86 B RPH Sarangan BKPH Lawu Selatan, Desa Pacalan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Minggu (28/11/2021) (foto: Prokopim Magetan)

Magetan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Magetan bersama masyarakat, Perhutani, TNI – Polri Diaspora Magetan dan seluruh kelompok penggiat pecinta alam melakukan reboisasi di beberapa wilayah. Kegiatan tersebut dipusatkan di kawasan Petak 86 B RPH Sarangan BPKH Lawu Selatan RPM Lawu DS tepatnya di Gubuk Mbah Samidi Desa Pacalan Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Minggu (28/11/2021)

Bukan sembarang pohon, bibit yang ditanam adalah tanaman kehutanan multi purpose tree species (MPTS). Selain itu, juga akan ditanam pohon produktif yakni sukun dan alpukat, serta tumbuhan vetiver sesuai arahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani, Diaspora Magetan dan seluruh elemen masyarakat yang telah menyukseskan giat penanaman pohon tersebut.

“Semua ini adalah upaya untuk anak cucu kita sekaligus mengingatkan bahwa kita harus mencintai ekosistem. Persoalan lingkungan adalah masalah yang berat dan harus segera dilakukan penanganannya. Hari ini kita bergerak bersama seluruh masyarakat Magetan menanam, ada lebih dari 600.000 pohon yang ditanam pada hari ini. Sekaligus menandai Hari Menanam Nasional Tahun 2021,” kata Bupati Suprawoto, Minggu (28/11/2021).

Kang Woto, sapaan lekat Bupati Suprawoto, menyebut bahwa penanaman pohon serupa sudah dilakukan sejak 2019 dan berlanjut di 2020. Penanaman pohon jadi kegiatan rutin untuk menjadikan menanam sebagai budaya. Bahkan, Kang Woto sudah mengeluarkan Perbup, khusus orang yang menikah, naik pangkat, orang yang anaknya lahir harus menanam pohon.

“Rahasianya menanam adalah tepat menanamnya ketika musim penghujan. Pohonnya juga harus tepat, yang paling utama adalah merawatnya. Dan yakinlah bahwa kebaikan kita lakukan hari ini akan menular dan menular pada kita semua yang akhirnya akan menjadi warisan anak cucu kita,” pungkasnya. [fiq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati