Peristiwa

Bupati Hendy akan Bentuk ‘Baywatch’ di Jember

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto akan mengambil sejumlah langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut, sebagaimana yang terjadi di Pantai Payangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/2/2022) dini hari.

Salah satunya adalah dengan membentuk petugas relawan penyelamat di pantai. “Seperti Baywatch, tapi laki-laki,” kata Hendy, dalam rapat koordinasi penanganan peristiwa tersebut, di Pendapa Wahyawibawagraha, Jember, Senin (14/2/2022).

Selama ini Pemkab Jember sudah berusaha melakukan pencegahan kecelakaan laut. “Koordinasi dengan teman-teman relawan yang mengamankan di pantai sudah berjalan,” kata Hendy.

Adanya relawan penyelamat di pantai, menurut Hendy, juga akan meyakinkan para wisatawan. “Kalau ada relawan penyelamat pantai dan mendapatkan sertifikasi penyelamatan, akan lebih bagus,” kata Hendy.

Sebelas orang meninggal dunia terserat arus laut selatan di Pantai Payangan adalah bagian dari rombongan kelompok Tunggal Jati Nusantara yang terdiri atas 24 orang. Mayoritas warga Jember dari Kecamatan Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah. Mereka berangkat menuju Pantai Payangan untuk menjalankan ritual bersama.

Menurut Hendy, penjaga pantai sebenarnya sudah mengingatkan agar mereka tidak berendam di laut, karena berbahaya. “Gelombang (laut selatan) tidak berulang-ulang (datangnya), tapi gelombang datang mendadak. Kalau ada sekali gelombang laut datang akan menggerus sedimen di bagian bawah menjadi palung. Itu berbahaya,” katanya.

Warga setempat jarang mandi di sana. Teluk Love menjadi lokasi swafoto, bukan lokasi mandi. “Saat kejadian itu sudah diingatkan, tapi kelompok ini tidak mengindahkan,” kata Hendy.

Hendy juga meminta bantuan kapal karet penolong dari Pemerintah Provinsi Jatim. “Kalau ada mohon bantuan. Kami juga akan menyiapkan. Titik yang berbahaya ada beberapa, termasuk di Watu Ulo dan Puger. Di Puger, orang biasa tergulung ombak. Orang setempat, mereka pintar (menyelamatkan diri). Kalau orang baru, perlu bantuan kapal tersebut,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar