Peristiwa

Bupati Anas: Demokrasi Kita Seperti Nasi Padang

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Jember (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap kontestasi pemilihan kepala daerah tahun ini menjadi ajang yang sehat untuk mencari simpati rakyat.

“Dunia pilkada 5-10 tahun lalu berbeda dengan sekarang. Masyarakat semakin rasional. Mudah-mudahan pentas pilkada bisa digunakan dengan baik,” kata Anas, usai acara bincang-bincang mengenai pilkada, di Gedung Sutardjo, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020).

“Partai politik akan menentukan, karena akan menyajikan menu (calon kepala daerah) itu. Demokrasi kita kira-kira seperti demokrasi nasi padang. Makan bebas, tapi menunya sudah ditentukan. Begitu juga di pilkada ini, partai politik menentukan menu, dan rakyat akan memilih dari menu itu,” kata Anas.

Anas berharap partai politik bisa menyajikan menu yang baik sesuai harapan dan selera masyarakat di daerah itu. Para kandidat kepala daerah tak bisa lagi hanya mengandalkan pencitraan. “Karena rakyat bisa meng-cross check apa yang kita kerjakan,” katanya.

Hari ini media sosial banyak berperan dalam mengecek kerja pemerintah. “Sesungguhnya cross check ini teklah dilakukan di era media sosial jauh lebih rigid, jauh lebih cepat, sehingga kecepatan pelayanan dan perbaikan juga harus cepat,” kata Anas.

Sementara itu pengaruh politik uang bisa semakin berkurang, karena pemilih secara bertahap akan semakin rasional. “Tapi itu tergantung daerahnya,” kata Anas. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar