Peristiwa

Bupati: Ada 20 Destinasi Wisata Situbondo, 3 Prioritas

Situbondo (beritajatim.com) – Bupati Karna Suswandi mengatakan, ada 20 destinasi wisata di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Semua punya potensi mendongkrak perekonomian daerah.

Tiga destinasi menjadi prioritas pengembangan, yakni objek wisata Merak Baluran, wisata religius, dan wisata Pasir Putih. Khusus untuk wisata Merak Baluran yang berada di Taman Nasional Baluran, Karna ingin menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata utama, karena memiliki keindahan alam laut yang melebihi keindahan di Bali.

Posisinya juga sangat dekat dengan Pelabuhan Ketapang dan Bali. “Harapannya ketika masyarakat mau berkunjung ke Bali, bisa berkunjung ke Merak Baluran,” kata Karna.

Problemnya adalah infrastruktur jalan. Jalan sepanjang 17 kilometer belum diaspal. “Di sana ada delapan destinasi wisata, dan 1.000 penduduk disana,” kata Karna.

Pemkab Situbondo sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar bisa melakukan pembangunan jalan dan listrik di Merak-Baluran.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan infrastruktur di Taman Nasional Baluram sudah masuk dalam prioritas nasional. “Terpenting, daerah bisa menjaga dengan baik. Ujung tombaknya adalah daerah. Nasional hanya bisa mendesain masterplan-nya,” katanya di pendapa Situbondo. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar