Peristiwa

BUMDes Kedungturi Gandeng 5 Minimatket Berdayakan UMKM Desa

Sidoarjo (beritajatim.com) – Badan Usaha Milik Desa BUMDes Surya Sejahtera Desa Kedungturi bersama minimarket yang ada di Desa Kedungturi Kecamatan Taman melakukan MoU (Memorandum of Understanding) pemberdayaan ekonomi berbasis kemitraan.

Nota kesepakatan itu ditandatangani oleh kedua belah pihak disaksikan oleh Camat Taman Ali Sarbini dan aparat desa setempat. Dalam kesepakatan dan kerjasama tersebut Bumdes Kedungturi dengan semua minimarket yang ada, dalam hal pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah / UMKM warga Desa Kedungturi.

Pembinaan yang dimaksud adalah penempatan UMKM yang tergabung di BUMDes nantinya dapat berjualan di teras toko minimarket  dengan tanpa dipungut biaya.

Ketua BUMDes Surya Sejahtera Zainul Milahi mengatakan bahwa MoU ini adalah upaya bagi BUMDes Kedungturi dalam hal pemberdayaan Ekonomi berbasis kemitraan.

“Ini bukanlah upaya profit oriented, namun kegiatan pemberdayaan ini adalah sosial oriented. Karena sejatinya semangat dari BUMDes adalah bukan hanya pada profit kapital namun juga semangat sosial,” katanya Senin (30/11/2020).

Lanjut pria yang akrap disapa Emil itu, nantinya yang bisa berjualan dilokasi pemberdayaan tersebut adalah warga Desa Kedungturi dan tinggal di Desa Kedungturi. Sehingga nilai pemberdayan tersebut akan terasa betul bagi warga desa.

“Dalam kurun waktu sekian bulan dirasa sudah mampu, maka pengguna lokasi teras tersebut akan dirolling kepada calon pengguna baru yang masih kurang mampu, begitu seterusnya,” jelasnya.

Sementara Camat Taman Ali Sarbini mengatakan rasa bangganya dan antusiasnya dengan upaya yang dilakukan oleh BUMDes Surya Sejahtera Desa Kedungturi ini.

Ali Sarbini mengaku MoU semacam ini baru ditemuinya pertama di Kabupaten Sidoarjo. “Apa yang dilakukan oleh BUMDes Kedungturi ini adalah sebuah inovasi dalam pemberdayaan UMKM,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan puluhan paket bantuan sembako bagi warga lansia kurang mampu oleh BUMDes Kedungturi.

Bantuan tersebut adalah sebagai upaya BUMDes dalam meringankan beban ekonomi warga akibat pandemi Covid19.

Seperti diketahui, di Desa Kedungturi Kecamatan Taman tercatat setidaknya ada lima minimarket. Yakni Indomaret dan Alfamart masing-masing ada dua minimarket dan satu adalah minimarket Alfamidi.

Sehingga dengan kerjasama ini sangatlah membantu pelaku UMKM desa dalam menjual produk-produknya. (isa/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar