Peristiwa

Bulan Puasa, Ponorogo Tiadakan Peringatan May Day

Kepala Disnaker Ponorogo Bedianto. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh atau May Day. Di Ponorogo, peringatan May Day ini tidak diadakan.

Hal itu sudah sesuai kesepakatan antara Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ponorogo dengan serikat pekerja yang ada di bumi reyog. “Tahun ini tidak ada peringatan hari buruh atau May Day di Ponorogo,” kata Kepala Disnaker Ponorogo Bedianto, Sabtu (1/5/2021).

Peniadaan peringatan May Day tahun ini, kata Bedianto, juga usulan dari serikat pekerja itu sendiri yakni SPSI Ponorogo. May Day yang bertepatan dengan bulan puasa dan menjelang lebaran menjadi alasan kuat peniadaan peringatan tersebut. “Ya alasannya karena hari puasa dan menjelang lebaran,” katanya.

Bedianto mengaku peringatan May Day di Ponorogo belum pernah dilakukan dengan demo atau unjuk rasa. Selama ini, Disnaker Ponorogo selalu tanggap menindaklanjuti aduan masalah dari pekerja. Sehingga meskipun tidak ada peringatan May Day, Disnaker Ponorogo dengan tangan terbuka menerima aspirasi dari pekerja secara individu maupun lewat serikat pekerja.

“Disini tidak pernah ada unjuk rasa, karena aspirasi dari teman-teman pekerja kita tampung dan ditindaklanjuti,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar