Peristiwa

Sosialisasi Keselamatan Jalan

BPTD Wilayah XI Jatim Bagikan Masker dan Helm Gratis

Pembagian helm dan masker oleh BPTD Wilayah XI Jatim di depan Masjid Agung Al Akbar Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangka sosialisasi keselamatan lalu lintas di masa adaptasi kebiasan baru, Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jatim membagikan masker dan helm di depan Masjid Al Akbar Kota Surabaya.

Sebanyak tujuh tim melakukan sosialisasi keselamatan lalu lintas di beberapa titik di Masjid Al Akbar. Selain melakukan sosialisasi tentang keselamatan lalu lintas, petugas juga membagikan masker. Tak hanya itu, jika kedapatan pengendara tak memakai helm maka petugas akan memberikan helm gratis. Hal itu sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Seksi Lalu-lintas Angkutan Jalan (LLAJ), BPTD XI Jatim, Yozie Aditama mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Pekan Nasional Keselamatan Jalan tahun 2020. “Kegiatan serupa juga dilakukan beberapa kota di Jawa Timur, Kota Surabaya merupakan yang terakhir,” ungkapnya, Minggu (18/10/2020).

Masih kata Yozie, kegiatan tersebut merupakan sosialisasi keselamatan lalu lintas di masa adaptasi kebiasan baru. Di Kota Surabaya, BPTD Wilayah XI Jatim mengambil lokasi di seputaran di Masjid Al Akbar. Di pilihnya Masjid Al Akbar karena masih banyak ditemui kerumunan masyarakat.

“Kita lakukan sosialisasi secara masif di Kota Surabaya dengan membagikan masker. Sebetulnya berkendara yang benar itu menggunakan helm tapi kita temui sini saat keluar tidak pakai helm sehingga kita berikan helm dan memberikan sosialisasi kepada mereka terkait pentingnya menjaga keselamatan berlalu-lintas,” katanya.

Yozie menambahkan, ada 1.000 masker dan 20 helm yang diberikan kepada masyarakat dalam kegiatan tersebut. Harapannya, masyarakat saat keluar rumah dengan menggunakan sepeda motor harus memakai helm. Tak hanya memakai helm, namun karena saat ini kebiasaan baru sehingga juga harus memakai masker.

“Banyaknya masker yang kita berikan kepada masyarakat dalam sosialisasi ini, bukan karena masyarakat Kota Surabaya tidak patuh terhadap protokol kesehatan, namun kita tetap terus mengingatkan agar selalu patuh protokol kesehatan. Yakni selalu memakai masker dan juga helm saat berkendara,” ujarnya.

Terkait keselamatan jalan, Yozie berpesan, selain saat berkendaraan roda dua memakai masker dan helm, juga dihimbau tidak boncengan tiga. Pembagian masker dan helm gratis yang dilakukan BPTD Wilayah XI Jatim di depan Masjid Agung Al Akbar tersebut mendapat respon positif masyarakat.

Salah satu masyarakat, Rizal Wahyu Pradana (36) mengaku senang mendapatkan helm gratis dan masker dari BPTD Wilayah XI Jatim. “Senang sekali, terima kasih sudah dapat helm. Saya tidak pakai helm karena rumah dekat, dengan adanya sosialisasi ini sangat bagus ya untuk mengingatkan masyarakat,” tutur warga Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya ini. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar