Peristiwa

BPBD Mojokerto Evakuasi Material Longsor Tutup Jalan Pacet-Trawas

Mojokerto (beritajatim.com) – Longsor terjadi di jalan penghubung dua kecamatan, Pacet-Trawas tepatnya di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabu (15/4/2020). Longsor terjadi lantaran hujan deras yang mengguyur di wilayah selatan Mojokerto.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hujan deras mengguyur wilayah selatan Mojokerto mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 19.20 WIB. “Akibatnya, sekira pukul 18.30 WIB terjadi longsor,” ungkapnya, Kamis (16/4/2020).

Masih kata Zaini, material longsoran berupa bebatuan dan tanah dengan ketinggian 6 meter dan lebar 6 meter menutup akses jalan Pacet-Trawas. Tak hanya material bebatuan dan tanah, longsor juga menyebabkan satu pohon dengan diameter sekitar 40 cm hingga 50 cm tumbang. Akibatnya akses jalan Pacet-Trawas tertutup.

“Evakuasi material longsor menggunakan alat berat dari PUPR dan dibantu oleh personil yang datang ke lokasi langsung dilakukan tadi malam. Pembersihan material longsoran juga dilakukan dengan tangki dari perusahaan air minum karena akses jalan Pacet-Trawas terhambat jika tidak langsung dibersihkan,” katanya.

Saat petugas melakukan pembersihan material longsoran air di sela-sela longsoran masih mengalir deras dan membahayakan pengguna jalan. Zaini menambahkan, titik yang berada di lokasi longsor bila tidak segera ditangani secara permanen akan terjadi longsor susulan yang membahayakan pengguna jalan.

“Karena jika terjadi longsor susulan dengan membawa material pohon yang membahayakan pengguna jalan. Rencananya, pagi ini akan dilakukan pemotongan pohon yang menggantung oleh petugas dari Perhutani. Sejumlah petugas turut melakukan pembersihan material longsor tadi malam,” jelasnya.

Selain petugas dari BPBD, lanjut Zaini, juga ada petugas dari Dinas Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Polsek Pacet, Koramil Pacet, Perusahan Listrik Negara (PLN) Pacet, Perhutani BKPH Pacet KPH Pasuruan RPH Claket, Tahura R Soerjo, potensi relawan dan warga sekitar.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar