Peristiwa

BPBD Magetan Dirikan Posko Siaga Bencana di Poncol

Magetan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mendirikan posko siaga bencana untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi di daerah Magetan.

Berdasarkan Keputusan Bupati Magetan Nomor 188/317/Kept./403.013/2020, tentang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Wilayah Kabupaten Magetan, maka BPBD Kabupaten Magetan mendirikan Posko Lapangan Siaga Bencana di Kecamatan Poncol.

“Posko Lapangan ini diharapkan mempercepat respon dan penanganan jika terjadi Bencana Alam Tanah Longsor di wilayah tersebut,” pungkas Kalaksa BPBD Magetan, Ari Budi Santosa saat dikonfirmasi di Kantor Satgas Covid-19, Sabtu (12/12/2020).

Dia menjelaskan, selain untuk mempermudah koordinasi antisipasi bencana, pembentukan posko siaga di sejumlah wilayah itu, sebagai strategi mengatasi keterbatasan jumlah petugas BPBD.

“Posko bencana di sejumlah wilayah untuk mempermudah koordinasi antisipasi dan penanganan bencana,” terangnya.

Berdasarkan data BPBD setempat, ada tiga wilayah kecamatan yang masuk kategori rawan longsor yaitu Kecamatan Poncol, Plaosan dan Kecamatan Panekan.

Tenda Posko BPBD Provinsi Jatim

“Khusus Kecamatan Poncol, potensi longsor tinggi masih menjadi perhatian khusus BPBD. Cuaca ekstrim saat ini, bisa memicu longsor di kawasan dataran tinggi,” ungkapnya.

Selain longsor di wilayah dataran tinggi, lanjut dia, Kabupaten Magetan juga mewaspadai banjir di daerah Kartoharjo karena pemukiman yang ada di paling timur dekat aliran sungai bengawan Solo ini  sering dilanda banjir ketika sungai meluap akibat intensitas hujan tinggi.

“Saya berharap, seluruh elemen terkait dan masyarakat berperan aktif membantu upaya antisipasi dan penanganan bencana,” tutupnya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar