Peristiwa

BPBD Kabupaten Mojokerto Serahkan Bantuan Terpal

Bantuan berupa terpal diberikan BPBD Kabupaten Mojokerto kepada korban terdampak angin puting beliung. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pasca evakuasi dan membersihkan rumah warga terdampak angin puting beliung di Dusun Kweden, Desa Balongwono, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyerahkan bantuan terpal.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang mengakibatkan beberapa rumah warga rusak. “Angin dengan kecepatan kurang lebih antara 40 hingga 50 Km/jam,” ungkapnya, Jumat (3/1/2020).

Masih kata Zaini, ada tujuh rumah yang diterjang puting beliung. Dua diantaranya kerusakannya dalam kategori berat, yakni rumah milik Sugiman dan M Zaelan. Rumah tersebut mengalami kerusakan pada atap teras. Lima rumah lainnya kerusakan dalam kategori sedang.

“Kerusakan juga terjadi di sebuah lumbung padi serta sebuah pos kamling. Untuk rumah yang rusak akibat angin puting beliung, kita sudah berikan bantuan berupa terpal. Kita juga koordinasi dengan PLN karena kondisi listrik padam. Instalasi listriknya langsung diperbaiki,” katanya.

Zaini menambahkan, selain di Desa Balongwono, dampak angin puting beliung juga menyebabkan sebuah pohon di Desa Jambuwok, Kecamatan Trowulan, tumbang. Pohon dengan diameter kurang lebih 20 cm tersebut tumbang dan menutup jalan.

“Tim TRC BPBD Kabupaten Mojokerto langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi pohon. Yang tumbang hanya satu buah pohon dengan diameter kurang lebih 20 cm jenis keres. Evakuasi pohon tumbang juga sudah dilakukan Tim TRC BPBD Kabupaten Mojokerto,” jelasnya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar