Peristiwa

Desa Banyulegi Terendam Luapan Kali Lamong

BPBD Kabupaten Mojokerto Serahkan Bantuan Korban Banjir

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto langsung merespon terkait banjir yang merendam Desa Banyulegi, Kecamatan Dawar Blandong, Kabupaten Mojokerto. Bantuan sembako langsung diserahkan kepada warga terdampak.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, meluapnya aliran Kali Lamong membuat puluhan rumah penduduk terendam air sudah menjadi tradisi setiap tahun. “Ini banjir langganan,” ungkapnya, Jumat (18/1/2019).

Sejak tahun 2000, lanjut Zaini, di Desa Banyulegi mulai menjadi langganan banjir sehingga warga pun tak kaget dengan kondisi ini. Meski cuaca dinilai cukup baik, namun tiba tiba Desa Bayulegi sedikit demi sedikit di genagi oleh air.

“Setidaknya ada puluhan rumah warga yang terendam. Selain puluhan merendam rumah, ada kurang lebih 30 hektar sawah tanaman pada juga turut terendam dan juga tanaman tebu yang diperkirakan terendam dengan luas 20 hektar,” katanya.

Pihaknya sudah menerjunkan sejumlah petugas di lokasi untuk mengantisipasi terus meningkatnya luapan air Kali Lamong. Saat ini petugas BPBD, Tagana, potensi relawan Mojokerto, perangkat Desa, TNI/Polri bersiaga di lokasi kejadian untuk bersiap siaga untuk mengevakuasi.

“Kita juga datangi rumah warga yang terdampak sambil melakukan pendekatan agar siap di evakuasi manakala kondisi air mengalami peningkatan. Kita juga menyiapkan sarana yang dibutuhkan warga. Selain juga bersiaga bersama potensi yang ada,” katanya.

Pihaknya juga telah menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada sejumlah warga yang terdampak. Bantuan sembako tersebut berupa mie goreng, minyak goreng, kopi dan teh. Bantuan diserahkan langsung ke Kepala Desa Banyulegi.

“BPBD juga memberikan bantuan bagi para terdapat, berupa sembako bagi rumah warga yang terdampak. Harapan kita, air cepat surut dan warga yang terdampak bisa melakukan aktivitas secara normal kembali,” tegasnya.[tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar