Peristiwa

BPBD Jatim Bentuk Agen Bencana, untuk Apa?

Surabaya (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim membentuk Agen Bencana Jatim. Mereka para agen ini akan menjadi kepanjangan tangan BPBD Jatim.

Ini karena kesiapan dan kesiagaan dalam menghadapi bencana merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan. Sehebat apapun tidak dapat mengetahui apa yang akan melandanya di depan.

Dalam menghadapi bencana, kesiapsiagaan menjadi salah satu penentu keselamatan seseorang. Dalam bencana pun dibutuhkan kecepatan dan keakuratan di dalam informasi.

“Kami memang ingin punya agen yang andal, cepat dan akurat. Adanya agen ini fungsinya adalah menjembatani informasi dari kabupaten/kota ke provinsi. Untuk itu, kami bentuk Agen Bencana Jatim yang di dalamnya para relawan-relawan yang ada di setiap daerah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Suban Wahyudiono usai merekrut Agen Bencana Jatim, Kamis (14/11/2019).

Keinginan besar Suban untuk membentuk Agen Bencana ini telah didambakannya saat awal menjadi Kalak BPBD Jatim. Sebab, pihaknya memang ingin BPBD Jatim ada di mana-mana dengan melaporkan setiap kejadian bencana secara cepat dan akurat.

“Kami memang ingin BPBD provinsi ada di mana-mana. Ketika ada kejadian langsung melaporkannya secara real time dan ada buktinya seperti foto,” jelasnya.

Penilaian kinerja Agen Bencana, lanjut Suban yang juga Plt Kepala Dinsos Jatim ini ialah dilihat dari kecepatan informasi yang didapat. “Yang penting orang Provinsi harus hadir dulu. Kuasai daerahnya masing-masing,” tuturnya.

Ke depan, kata dia, para Agen Bencana bakal diberikan kemampuan dan pengembangan SDM agar bisa diakui dunia. “Ke depan agen ini akan diberikan kemampuan dan pengembangan agar diakui dunia,” imbuhnya.

Suban menjelaskan, di bencana sangat butuh kecepatan dan keakuratan didalam informasi bencana. Sehingga dalam mengambil keputusan untuk soal bantuan dan penanganan bisa cepat.

“Karena kita tahu bencana tidak tahu kapan terjadinya, di mana lokasinya sehingga kita butuh agen di daerah masing-masing dan bisa menginformasikan ke provinsi lebih cepat,” pungkasnya. [tok/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar