Peristiwa

BNPB Beberkan Rincian Bantuan Rumah Rusak Korban Gempa di Malang

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo meninjau korban gempa di Malang.

Malang(beritajatim.com) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo meminta proses penanganan korban gempa di Malang berjalan cepat. Dia juga memuji langkah sigap Pemprov Jatim dan para relawan seperti BPBD, TNI, Polri, Tim Sar dan lainnya dalam penanganan korban bencana gempa bermagnitudo 6,1 ini.

Doni mengatakan, korban rumah rusak yang mencapai 2 ribu lebih untuk kategori ringan dan sedang bisa dibangun ulang dengan cara swakelola. Pemerintah Daerah diminta untuk mengajukan usulan ke BNPB dengan menyertakan nama pemilik rumah, alamat rumah dan KTP korban gempa sehingga tepat sasaran.

“Dengan persyaratan Pemerintah Daerah mengajukan usulan ke pusat ke BNPB dengan nama dan alamat yang ada dan KTP. Sebelum ini diusulkan daerah siapkan staf pengamanan di balai desa atau kelurahan sehingga warga bisa menilai, mana yang mengalami kerusakan ringan sedang dan berat,” kata Doni.

Rincian nominal bantuan untuk masing-masing korban gempa di Malang. Untuk kategori ringan akan mendapat bantuan Rp10 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak berat Rp50 juta. Kemudian untuk kategori berat proses pembangunan akan dibantu TNI/Polri dan PUPR.

“Kategori ringan Rp10 juta, sedang Rp25 juta rusak berat Rp50 juta. Untuk rusak berat dibantu TNI/Polri dan PUPR sehingga lebih cepat. Termasuk rumah ringan dan rusak sedang, juga masuk prioritas karena akan masuk ke bulan puasa kita berharap warga tidak terlalu lama di tempat pengungsian,” ujar Doni

Selain itu, BNPB juga menyiapkan dana bantuan sebesar Rp1 miliar untuk korban gempa di Malang. Bantuan itu untuk kebutuhan dapur lapangan yang diberikan kepada Pemprov Jatim melalui BPBD provinsi.

“BNPB harus segera berikan bantuan kepada Pemda, pertama dana siap pakai untuk bantu dapur lapangan sebesar Rp1 miliar yang akan disalurkan ke Pemprov, melalui BPBD,” tandasnya. (luc/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar