Peristiwa

BMKG Karangkates Malang Gelar Pengamatan Hilal 12 April 2021

Malang (beritajatim.com) – BMKG Stasiun Geofisika Karangkates, Malang, akan menggelar pengamatan hilal pada 12 April 2021 mendatang. Pengamatan akan dilakukan di Pantai Ngliyep, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

“Dijadwalkan tanggal 12 April 2021. Nanti dilaksanakan bersama Kemenag dan Pemkab Malang. Pelaksanaan melihat hilal dilakukan di Pantai Ngliyep,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Karangkates, Mamuri, Rabu (7/4/2021).

Mamuri menegaskan, pemilihan lokasi Pantai Ngliyep didasari atas pertimbangan rasional. “Pantai Ngliyep ini pandangan ufuknya lebih luas. Karena jika melakukan pengamatan di sebuah gedung terhalang bukit dan lain-lain,” tegas Mamuri.

Kata Mamuri, pengamatan hilal sangat bergantung dengan cuaca. Cuaca cerah akan mempermudah pengamatan. “Faktor cuaca begitu menentukan. Jadi ketika langit sedang banyak awan pengamatan hilal menjadi tidak terlihat. Apalagi ini hilalnya kecil sekitar 3 derajat untuk wilayah Malang Raya,” ucapnya.

Mamuri menambahkan, jika terjadi cuaca buruk saat pengamatan bukanlah sebuah kendala berarti. “Walaupun di Malang tidak kelihatan, tapi di daerah lain hilal kelihatan kan cuaca di tempat lain juga berbeda. BMKG melakukan pengamatan di 26 titik seluruh Indonesia,” jelasnya.

Mamuri menyatakan segala indikator penentuan hilal merupakan kewenanangan Kementrian Agama (Kemenag). “Penentuan awal bulan itu ranahnya Kemenag. Kami dari BMKG membantu melakukan pengamatan hilal dan perhitungan hisab. Kami menggunakan teropong,” bebernya.

Terakhir, Mamuri berharap pengamatan hilal berbarengan dengan cuaca yang cerah. “Mudah-mudahan pas pengamatan cerah.Nanti dilaksanakan pada sore hari setelah Ashar,” pungkasnya. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar