Peristiwa

BMKG Karangkates: Gempa Malang Tidak Berpotensi Tsunami

Pengunjung MOG Kota Malang panik keluar gedung saat gempa terjadi.

Malang(beritajatim.com) – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika, Karangkates, Malang memastikan gempa Bumi dengan kekuatan 6,7 Skala Richer (SR) tidak berpotensi tsunami. Episentrum gempa berada di 90 kilometer Barat Daya Kabupaten Malang.

“Potensi gempa susulan sejauh ini belum ada tetapi kami terus memantau. Tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika, Karangkates, Malang, Ma’muri, Sabtu, (10/4/2021).

Ma’muri mengungkapkan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Gempa bumi terjadi akibat aktivitas zona subduksi di mana adanya tubrukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

“Gempa ini disebabkan oleh aktivitas zona subduksi. Lempeng Indo-Australia menyusut ke lempeng Eurasia,” ujar Ma’muri.

Ma’muri mengatakan, gempa ini juga dirasakan di daerah lain hampir di seluruh wilayah Jatim, Yogyakarta dan Bali. Sampai saat ini, mereka masih menginventarisir kerusakan bangunan dan laporan korban jiwa.

“Kekuatan 6,7 SR dilaporkan sampai Surabaya, Bali dan daerah lainnya. Episentrum berada di Barat Daya Kabupaten Malang. Memang dirasakan didaerah lain juga, kerusakan masih dihimpun informasinya,” tandasnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar