Peristiwa

Blar! Rumah Warga di Desa Mayangan Gumukmas Jember Berantakan Disambar Petir

Rumah yang tersambar petir di Desa Mayangan, Gumukmas, Jember, 19 januari 2023

Jember (beritajatim.com) – Sebuah rumah di Dusun Kalimalang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas. Kabupaten Jember, Jawa Timur, disambar petir hingga berantakan. Kotak wifi terbakar.

“Kejadiannya kemarin sore jam setengah enam, hujan gerimis disertai kilat. Sepertinya petir menyambar rumah Mbah Sakinem (67) dan menyebabkan genting ambrol,” kata Camat Gumukmas Nino Eka Putra, Jumat (20/1/2023).

Hampir semua genting di ruang tamu, ruang keluarga, dan dua kamar ambrol dan jatuh. Genting di ruang makan masih utuh. “Hanya ada beberapa bagian eternit yang runtuh,” kata Nino.

Selain genting yang ambrol, kotak modem dan kabel wifi terbakar. “Kami belum bisa menganalisis secara teknis. Cuma memang modem wifi dalam ruang tamu terbakar. Berdasarkan keterangan Mbah Sakinem, saat petir menyambar, keluar api dari modem dan kabel-kabelnya. Diduga bisa jadi dari modem itu, tapi masih perlu investigasi lebih lanjut. Rumah itu bersebelahan dengan hamparan sawah terbuka,” kata Nino.

Nino bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Mbah Sakinem saat itu hanya berdua bersama cucunya Adi Firmansyah (15). Orangtua Adi tengah bekerja sebagai buruh migran di Malaysia.

Pemerintah Kecamatan Gumukmas bersama Pemerintah Desa Mayangan langsung turun tangan memberikan bantuan sementara berupa mi instan, beras, dan semen. “Nanti bantuan lebih lengkap dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Pemerintah desa juga sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara,” kata Nino.

Sementara itu, Kepala PLN Unit Layanan Kencong Arief Nugrahanto mengatakan, ada satu unit trafo yang rusak akibat sambaran petir. “Langsung dilakukan penanganan oleh petugas dengan menggantinya,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar