Peristiwa

Bikin Heboh, Warga Coba Tangkap Buaya di Kali Sadar Mojokerto

Salah satu warga menyelam untuk mencari keberadaan buaya di Kali Sadar.

Mojokerto (beritajatim.com) – Kemunculan seekor buaya di Kali Sadar, Dusun Toyorono, Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, sejak Minggu (6/6/2021) menjadi viral. Tak ingin membuat resah warga, seorang warga mencoba menangkap reptil karnivora itu.

Namun karena dalamnya Kali Sadar, membuat penangkapan buaya yang keluar dari habibitanya akibat diduga karena faktor lingkungan tersebut tidak membuahkan hasil. Warga menyebut jika buaya yang muncul di Kali Sadar sejak beberapa hari tersebut, hanya satu ekor.

Hewan jenis buaya muara atau buaya air tawar tersebut diyakini masuk ke Kali Sadar melalui pertemuan Sungai Brantas dengan Sadar di Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Sementara Kali Sadar berada sekitar 100 meter dari permukiman penduduk.

“Biasa saja karena saya suka main reptil. Kesulitannya sungainya dalam. Buayanya kecil, ukuran sekitar paha orang dewasa, mungkin kurang lebih 1 meter. Dibilang membahayakan ya membahayakan karena memang hewan buas,” ungkap Angga, Rabu (9/6/2021).

Namun karena dalamnya Kali Sadar, membuatnya tidak bisa menangkap buaya yang menghebohkan warga sejak beberapa hari lalu. Menurutnya, ia sebenarnya sudah mendekati buaya tersebut namun tidak berhasil menangkap lantaran langsung masuk ke dalam Kali Sadar.

“Saya suka main reptil saja jadi saya niat menangkapnya biar tidak meresahkan warga. Tidak berhasil, tinggal beberapa meter saja sebenarnya tapi langsung tenggelam lagi karena sungai sangat dalam,” katanya.

Petugas Resort Konservasi Wilayah 9 Mojokerto-Sidoarjo Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur sebelumnya sudah mendatangi lokasi. BBKSDA menyebut bahwa hewan tersebut jenis buaya muara atau buaya air tawar.

Habitat buaya muara tersebut di Sungai Brantas. Buaya tersebut keluar dari habitat aslinya ke Kali Sadar karena faktor lingkungan. Buaya masuk ke Kali Sadar melalui pertemuan Sungai Brantas dengan Sadar di Desa Sukoanyar. Karena petugas belum bisa menangkap, warga dihimbau hati-hati.

Karena kemunculan buaya ini membuat Kali Sadar di Dusun Toyorono, Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto dipenuhi warga. Mereka penasaran dengan kemunculan buaya yang sempat viral dari video singkat yang diuploud warga di media sosial (medsos). [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar