Peristiwa

Biawak 1,5 Meter Muncul di Sekitar Kantor DPRD Tuban, Tukang Becak yang Menangkap

Sejumlah tukang becak saat berhasil menangkap biawak besar di sekitar kantor DPRD Tuban.[Foto:M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah tukang becak yang biasa mangkal di kawasan perempatan patung atau sekitar kantor DPRD Tuban geger, Jumat (26/3/2021). Seekor Biawak berukuran besar yang tiba-tiba keluar dari dalam kawasan kantor DPRD.

Biawak yang keluar dari sela-sela pagar tersebut langsung berhasil ditangkap setelah dikejar beberapa tukang becak yang sedang menunggu penumpang di selatan kantor DPRD Tuban itu. Biawak sempat dikejar sampai di tengah jalan raya jalur pantura Tuban sebelum akhirnya ditangkap.

Informasi yang berhasil dihimpun beritajatim.com, biawak dengan ukuran panjang sekitar 1,5 meter tersebut pertama kali diketahui keluar dari pagar sebelah selatan kantor DPRD Tuban itu. Kemudian para tukang becak langsung berusaha untuk menangkap biawak yang masih gesit meski ukurannya besar tersebut.

“Tahu-tahu keluar dari pagar ini, dia melompat tempatnya. Kemudian lari ke jalan,” terang Burhanudin (50), salah satu tukang becak yang berada di kawasan perempatan Patung Letda Sucipto, Kota Tuban.

Beberapa tukang becak langsung ikut berlari mengejar biawak yang sudah berhasil lari. Butuh beberapa menit untuk memburu dan menangkap biawak yang sudah berlari di jalan raya jalur pantura Tuban itu.

Setelah dilakukan pengejaran berramai-ramai, biawak berhasil ditangkap oleh Kasdari, tukang becak yang ada pas di perempatan. Mereka sempat kewalahan lantaran hewan dengan panjang sekitar 1,5 meter itu juga berusaha melawan saat ditangkap.

“Yang bahaya itu kalau sampai ditangkap ekornya, bisa-bisa digigit. Ini tadi langsung saya pegang kepalanya, terus saya rantai,” ujar Kasdari, saat berada di lokasi penemuan biawak.

Menurutnya, biawak di sekitar kantor DPRD Tuban sudah pernah ditangkap tapi dengan ukuran yang lebih kecil. “Ini beratnya paling sekitar 6 kilogram, kalau di sini sudah pernah ada biawak yang kita tangkap. Mungkin ini yang lainnya juga masih ada,” pungkasnya. [mut/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar