Peristiwa

Besok, Rukyatul Hilal Digelar di Observatorium Jokotole

Pamekasan (beritajatim.com) – Salah satu komunitas falakiyah di Pamekasan, dijadwalkan melakukan rukyatul hilal penentuan awal Ramadan 1441 Hijriyah di Observatorium Jokotole kompleks IAIN Madura, Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, Kamis (23/4/2020) besok.

“Rukyatul Hilal untuk penentuan awal Ramadan 1441 Hijriyah, kami jadwalkan digelar mulai pukul 17:00 hingga pukul 17:45 WIB di Observatorium Jokotole,” kata Kepala Laboratorium Syariah IAIN Madura, Moh Hosen kepada beritajatim.com, Rabu (22/4/2020).

Diakuinya, pemilihan lokasi di kompleks perguruan tinggi negeri di Pamekasan dinilai sangat strategis. Sekalipun pelaksanaan sebelumnya seringkali dilakukan di tepi pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan. “Lokasi Observatorium juga sangat strategis, apalagi posisi gedung juga relatif tinggi,” ungkapnya.

“Namun yang pasti, hanya beberapa perwakilan yang nantinya dapat menyaksikan secara langsung melalui proses rukyatul hilal. Hal ini sengaja kami batasi karena sesuai dengan edaran pemerintah karena adanya wabah Covid-19,” sambung pria yang akrab disapa Hosen.

Hanya saja, publik juga dapat menyaksikan secara langsung proses rukyatul hilal yang akan dilakukan komunitas falakiyah di Pamekasan. “Besok kita laksanakan dengan kuota terbatas, tapi tidak usah khawatir karena kami juga menyiarkan melalui live streaming facebook,” pungkas pria yang juga tergabung di komunitas falakiyah PCNU Pamekasan,” jelasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar