Peristiwa

Besok, Kebakaran Gunung Arjuna Dipadamkan Pakai Helikopter

Malang (beritajatim.com) – Rencana operasi pemadaman menggunakan helikopter atau water boming bakal dilakukan Sabtu (3/8/2019)  di area kebakaran hutan Gunung Arjuna. Helikopter pun telah tiba di Lanud Abd Saleh, Malang, Jumat (2/8/2019).

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, hasil koordinasi bersama tim gabungan helikopter bakal berangkat dari Lanud Abd Saleh pukul 08.00 WIB. Rencana awal adalah melihat titik api, kemudian menuju Bendungan Selorejo, Malang untuk mengambil air.

“Dari bandara Abdulrahman Saleh menuju titik api dan titik pengambilan air untuk melaksanakan observasi atau kaji cepat dari udara. Jika hasil observasi atau kaji cepat memungkinkan untuk water bombing maka operasi water bombing akan langsung dilaksanakan,” ujar Rochim.

Rochim mengungkapkan, tim gabungan telah melakukan assessment bersama titik api yang akan dipadamkan, titik pengambilan air, dan rencana rute penerbangan. Tim gabungan terdiri dari, BPBD, Tahura R Soerjo, Lanud Abd Saleh dan kru helikopter.

“Dalam rangka pengamanan pelaksanaan operasi pemadaman udara, pelaksanaan operasi pemadaman darat dihentikan dan seluruh personil yang masih melaksanakan aktivitas pemantauan atau pemadaman ditarik kembali ke posko terhitung hari Jumat 2 Agustus 2019 pukul 16.00 WIB,” papar Rochim.

“Area lokasi yang menjadi target operasi pemadaman udara harus steril dari petugas pemadaman darat, pendaki, dan masyarakat,” tandasnya. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar